KPUD Lahat terima DP4K

Jum'at, 04 Januari 2013 - 00:00 WIB
KPUD Lahat terima DP4K
KPUD Lahat terima DP4K
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat menerima data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu Kabupaten (DP4K) Lahat dari Pemerintah Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lahat Muchtar Efendi Ali mengatakan, data yang diserahkan berdasarkan sumber informasi yang sudah dihimpun belakangan ini di lapangan. Hal tersebut berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari pihak KPUD Lahat, berkaitan dengan akan masuknya tahapan penyiapan daftar pemilih tetap (DPT) di pemilu ke depan.

"Kita sudah rangkum dan kumpulkan kedalam satu bundle, hari ini (kemarin) kita serahkan ke KPU untuk dikelola atau di kroscheck dilapangannya kedepan,” ungkap Muchtar, di Gedung Pertemuan Lahat, Kamis 3 Januari 2013.

Setelah diserahkan itu, KPUD Lahat yang akan lebih mempelajarinya di lapangan. Termasuk dalam hal melakukan pemutakhiran atau penyesuaian dengan di lapangan. Baru nantinya akan di terbitkan daftar pemilih sementara (DPS), bahkan hingga penetapan DPT yang sah untuk kepentingan pemilu nanti.

“Tugas kita sementara ini selesai, tinggal kedepannya itu jadi tanggung jawab dan kerja dari KPUD selebihnya. Namun, kita tetap saja siap membantu mereka, jika ke depan masih dibutuhkan beberapa data lanjutannya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai mengatakan, semua persiapan pemilu harus dilaksanakan dengan maksimal, sehingga pemilu di Lahat sendiri nantinya akan berjalan dengan sukses dan Lahat sendiri akan meraih masa depan yang lebih baik.

“Kita akan terus sosialisasikan agar pemilu di Lahat ini sukses, aman, jujur dan adil. Kepada masyarakat Lahat lainnya, kiranya ikut berperan aktif dalam penyuksesannya ke depan,” ungkap Aswari.

Terpisah, Ketua KPUD Lahat Darsi Elyanto menegaskan, pihaknya sangat merasa sangat terbantu dengan kinerja dari pihak Pemkab Lahat sejauh ini, khususnya dalam hal penyiapan data calon pemilih yang nantinya akan mempunyai hak memilih di pemilu dalam waktu dekat.

“Hari ini, berdasarkan data yang ada, sedikitnya 318.811 orang jiwa di 22 kecamatan di Lahat berhak untuk memilih di pemilu nantinya. Hal ini dalam waktu dekat akan segera kita verifikasi kelapangan, sehingga akan benar-benar didapati data pemilih yang tetap,” pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)