Puluhan pasangan pengantin nikah massal

Rabu, 02 Januari 2013 - 22:45 WIB
Puluhan pasangan pengantin nikah massal
Puluhan pasangan pengantin nikah massal
A A A
Sindonews.com - Wakil Sekretaris Jenderal Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Istiqamah Maccopa Fakhruddin Ahmad mengatakan, sekira 35 pasangan pengantin mengikuti nikah massal yang dilakukan ponpes tersebut. Pasangan pengantin ini memiliki usia beragam, mulai 17 tahun hingga 68 tahun.

Dia menjelaskan, ada beberapa yang sudah melakukan pernikahan terlebih dahulu dan baru melakukan resepsi. Umumnya para peserta dari pernikahan massal ini, merupakan kader atau siswa di ponpes tersebut. Kalaupun ada pasangan di luar lingkungan Darul Istiqamah, hanya bisa dihitung jari.

"Jadi teknisnya pendaftarannya ada dua yaitu untuk umum dan untuk para kader pesantren Darul Istiqamah dan kita fasilitasi melakukan ta'aruf (berkenalan). Kalau setelah mereka ta'aruf dan terjadi kecocokan, kita nikahkan," kata Fakhruddin, di Pesantren Darul Istiqamah Maccopa di Jalan Poros Maros, Maccopa, Sulawesi Selatan, (Sulsel), Rabu (2/1/2013).

Menurutnya, peserta terakhir yang melakukan akad nikah itu adalah pasangan Abdullah Muzakkir dan Miftahul Khaerawati yang baru beberapa jam pelaksanaan ijab kabul setelah walimah.

Dia melanjutkan, pendaftaran pernikahan massal ini sudah lama dibuka. Menurutnya, sejak kegiatan nikah massal di Gowa Februari tahun lalu, sudah ada pendaftar pertama yaitu Arif Setyabudi.

"Sejak istri saya meninggal, saya pun hilang semangat hidup sampai akhirnya saya menghadiri acara nikah massal di Gowa beberapa waktu lalu. Dari disitulah kemudian saya tergerak untuk mendaftar sebagai pendaftar pertama nikah massal yang dilakukan tahun ini. Alhamdulillah saya mendapat jodoh," kata Setyabudi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)