Bupati minta Frontage Road digarap tahun ini

Selasa, 01 Januari 2013 - 16:50 WIB
Bupati minta Frontage Road digarap tahun ini
Bupati minta Frontage Road digarap tahun ini
A A A
Sindonews.com - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah meminta agar Frontage Road Sidoarjo-Surabaya mulai digarap tahun ini. Pasalnya, jalan alternatif itu sangat mendesak karena melihat kemacetan jalan sudah cukup memprihatinkan.

Frontage Road mulai dari Buduran sampai Waru diharapkan bisa memecah kemacetan jalur Sidoarjo menuju ke Surabaya. Terutama pada jam-jam berangkat dan pulang kerja sering macet karena kepadatan kendaraan.

"Saya berharap agar Frontage Road bisa digarap tahun 2013 ini," tegas Saiful Ilah, Selasa (1/1/2013).

Mantan Wakil Bupati Sidoarjo dua periode tersebut menambahkan, sebenarnya rencana pembangunan Frontage Road itu mulai Tahun 2012 lalu. Karena terkendala pembebasan lahan sehingga belum bisa dilakukan.

Untuk itulah, Saiful Ilah minta kepada Dinas PU Bina Marga lebih serius lagi dalam menggarap Frontage Road.

"Sidoarjo itu warganya banyak yang bekerja di Surabaya. Jadi jika tidak ada jalan alternatif, jalan utama akan selalu macet," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Ir. Sigit Setiawan mengakui jika tahun 2012 lalu pihaknya belum bisa memulai proyek Frontage Road meski sudah dianggarkan dana untuk permulaan proyek. Kendalanya, perusahaan yang bakal terkena proyek itu belum mau menghibahkan lahannya ke Pemkab.

Sebenarnya, jika perusahaan mau menghibahkan lahannya ke Pemkab proyek itu sudah bisa dimulai.

"Jika pemkab membebaskan semua lahan untuk Frontage Road biayanya besar. Makanya kita berharap perusahaan mau menghibahkan lahannya ke pemkab untuk proyek itu," ujar Sigit Setiawan.

Dinas PU Binamarga sebenarnya sudah mendekati perusahaan yang lahannya bakal terkena proyek jalan. Namun, sejauh ini belum ada perusahaan yang mau melepaskan lahannya untuk kepentingan umum tersebut.

Tahun 2013 ini, Dinas PU Bina Marga sudah mengalokasikan anggaran untuk proyek Frontage Road itu. Diantaranya untuk pembebasan lahan yang dimasukkan jadi satu dengan anggaran pembebasan lahan proyek lain yang nilainya Rp9 miliar.

Sekedar diketahui, Dinas PU Bina Marga akan membuat Frontage Road yang menghubungkan Sidoarjo-Surabaya. Tahun 2012 lalu sudah dianggarkan dana Rp1 miliar untuk pembebasan lahan, namun belum terserap.

Frontage Road itu nantinya akan menyambung dengan Frontage Road Surabaya di dekat kawasan Waru. Pemkab Sidoarjo mendeadline dalam waktu lima tahun proyek itu sudah selesai dan bisa dimanfaatkan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2521 seconds (0.1#10.140)