Antisipasi DBD, Dinkes sebar alat pembasmi jentik

Selasa, 01 Januari 2013 - 15:24 WIB
Antisipasi DBD, Dinkes sebar alat pembasmi jentik
Antisipasi DBD, Dinkes sebar alat pembasmi jentik
A A A
Sindonews.com – Untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk aedes aegypti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau membagikan alat penyemprot kepada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Lubuklinggau, Nawawi Akip mengatakan 10 unit alat foging ini akan dibagikan ke puskesmas.

“Penyebaran alat penyemprot kepada puskesmas sesuai data tingkat penderita Demam Berdarah Denque (DBD) yang menyerang warga. Nantinya setiap puskesmas memiliki satu alat tersebut," katanya ketika dihubungi, Selasa (1/1/2013).

Saat ini Dinkes KOta Lubuklinggau memiliki obat Malation dan Zetrak serta stok bubuk Abate sebanyak 400 kilogram (kg).

Penyebaran peralatan penyemprot jentik ini diharapkan mampu mencegah dan meminimalisir penderita DBD di Kota Lubuklinggau. Namun, partisipasi masyarakat menjaga kebersihan dan menggunakan pola hidup sehat mampu mencegah penyebaran DBD sehingga tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban DBD.

Kemudian untuk melakukan pengasapan (fogging) di pemukiman masyarakat, Nawawi menambahkan, Dinkes memiliki delapan orang petugas siap melakukan fogging dan tidak dipungut biaya selama pelaksanaan fogging.
Sehingga, warga bisa melaporkan kepada Dinkes lokasi pemukiman mana yang akan dilakukan fogging.

Terpisah, Tokoh Pemuda Kota Lubuklinggau, Taufik mengatakan, Dinkes diharapkan senantiasa melakukan penyuluhan langsung ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa sadar diri menjaga kebersihan lingkungan pemukimannya.

Selain itu, petugas juga diminta segera tanggap dan cepat turun jika di pemukiman warga ada yang terkena DBD. Hal itu dilakukan agar jangan sampai menyebar ke warga lainnya dan melakukan isolasi terhadap pemukiman yang terserang DBD.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8681 seconds (0.1#10.140)