Dinkes imbau masyarakat waspada DBD

Minggu, 23 Desember 2012 - 19:46 WIB
Dinkes imbau masyarakat waspada DBD
Dinkes imbau masyarakat waspada DBD
A A A
Sindonews.com - Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu mengimbau kepada masyarakat supaya mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Menurut Kabid Kesehatan Keluarga dan Lingkungan (Kesgaling), Dinkes Kota Batu dr Sri Raharti, selama Januari-November 2012, jumlah penderita DB sebanyak 16 orang.

Ia menyarankan, masyarakat untuk berperan aktif melakukan tindakan 3 M (menguras, menyimpan dan mengubur) berbagai benda yang bisa dijadikan sarang nyamuk DB.

“Masyarakat jangan menganggap remeh terhadap serangan penyakit DB. Kalau terlambat ditolong bisa mengakibatkan kematian,” jelas dia, Minggu (23/12/2012).

Menurut dia pengasapan di rumah-rumah penduduk bukan salah satu solusi yang tepat. Jauh lebih baik apabila masyarakat terus menjaga dan merawat kebersihan lingkungannya masing-masing.

“Di setiap desa di Kota Batu memiliki petugas juru pengamat jentik (Jumantik). Tapi jumlahnya belum maksimal jika dibandingkan dengan luas wilayah kerjanya. Maka solusinya setiap orang wajib menjaga kebersihan lingkungannya sendiri-sendiri,” tandasnya.

Kadinkes, Kota Batu dr Endang Triningsih menambahkan, kalau curah hujan di wilayah Kota Batu lebat. Maka sarang nyamuk yang berlokasi di selokan-selokan bisa hilang. Sebaliknya bila curah hujannya dalam kategori sedang justru bisa menimbulkan masalah baru lagi.

“Potensi berkembang biaknya nyamuk DB biasanya mulai Januari-April. Karena saat itu curah hujan mulai berkurang. Suhu udara lebih hangat dibandingkan akhir tahun. Pada fase musim pancaroba itulah biasanya induk nyamuk DB berkembang biak,” ungkap dia.

Selain meminta mewaspadai serangan nyamuk DB. Endang mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran penyakit flu burung. Karena dibeberapa daerah sudah ditemukan ratusan unggas mati mendadak karena virus H5N1.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8849 seconds (0.1#10.140)