Sambut panen, petani gelar ritual Wiwitan

Rabu, 12 Desember 2012 - 19:51 WIB
Sambut panen, petani gelar ritual Wiwitan
Sambut panen, petani gelar ritual Wiwitan
A A A
Sindonews.com - Petani di Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo, DIY menggelar ritual ‘wiwitan’ di Bulak Tanjungharjo. Ritual ini selalu digelar petani setempat setiap akan memulai panen padi. Ritual ini merupakan bentuk syukur kepada Tuhan atas berkah panen padi yang melimpah.

Ritual dimulai dengan menyiapkan ubo rampe atau sesaji berupa nasi tumpeng, ingkung ayam kampung, bunga mawar, dan sayur kluweh ke areal persawahan. Ritual dilanjutkan dengan doa yang dipimpin tokoh masyarakat.

Dalam ritual ini padi yang sudah siap panen dipotong untuk disimpan atau dijadikan benih pada musim tanam berikutnya.

”Harapannya tentu saja agar hasil panen semakin melimpah. Selain itu petani juga selalu mendapat perlindungan dari tuhan, dilimpahkan rezekinya dan selalu sehat,’ kata Ahmad Wiyadi, Sesepuh Desa Tanjungharjo, Rabu (12/12/2012)

Sebagai petani, lanjutnya, sepatutnya selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rejeki dan nikmat yang diberikan.

"Karena hasil panen yang melimpah ini, tidak luput dari berkah yang Tuhan Yang Maha Esa berikan," tambahnya.

Ketua Kelompok Tani Sumbermulyo Kemukus, Sakiman, mengatakan esensi utama dari ritual wiwitan adalah simbol dan semangat gotong-royong petani serta mengingatkan petani untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan yakni panen padi yang melimpah.

"Ini adalah warisan budaya dari nenek moyong yang harus dilestarikan. Karena wiwitan ini sebagai wujud rasa syukur petani atas berkah padi yang melimpah," katanya.

Menurutnya, hasil panen Kelompok Sumbermulyo Kemukus terus mengalami kenaikan. Pada musim tanam pertama, hasil panen rata-rata mencapai 10,17 ton per hektare gabah kering panen. Sedangkan pada masa taman II hasil panen rata-rata mencapai 9,8 ton per hektare gabah kering panen.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3893 seconds (0.1#10.140)