75 warga Bantul transmigrasi ke Kalteng

Rabu, 05 Desember 2012 - 17:43 WIB
75 warga Bantul transmigrasi ke Kalteng
75 warga Bantul transmigrasi ke Kalteng
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 15 kepala keluarga yang terdiri dari 43 jiwa ini mengikuti program transmigrasi ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Warga asal Dusun Cempluk, Mangunan, Kecamatan Dlingo ini diberangkatkan Bupati Bantul Sri Suryawidadi di kantor Bupati, Rabu (5/12/2012).

Para transmigran yang rata-rata petani ini akan ditempatkan di lokasi UPT Pulau Nibung, Jelai, Sukamara, Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain warga Bantul, terdapat 10 KK lain dari Kabupaten Gunungkidul.
Bupati Sri Suryawidati mengatakan, animo warga Bantul yang berminat untuk mengikuti program yang dicanangkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi cukup tinggi.

"Saat ini terdapat 400 kepala keluarga yang masuk daftar tunggu. Mereka sudah mendaftar sebagai peserta dan siap untuk diberangkatkan," ujarnya..

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan bantuan kepada warga yang mengikuti transmigrasi. Penyerahan dilakukan secara simbolis berupa uang Rp5 juta per KK ini diserahkan kepada Tumining.

Menurut dia, bantuan yang diberikan ini sebagai modal awal selama berada di daerah yang baru.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Didik Warsito mengtakan dalam tahun 2012 ini, pemerintah Bantul mendapat jatah 85 kk sebagai peserta transmigrasi ke luar pulau Jawa. Dari jumlah ini 75 kk yang sudah diberangkatkan sementara 10 kk lainnya akan menyusul.

Sementara lima KK belum bisa diberangkatkan dalam tahun ini, karena lokasi tujuan di Sumatera Barat belum siap.

"Kita rencana akan luncurkan mereka (lima) kk ini pada program transmigrasi tahun 2013," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7894 seconds (0.1#10.140)