Ribuan buruh protes ke Carrefour

Jum'at, 02 November 2012 - 15:08 WIB
Ribuan buruh protes ke Carrefour
Ribuan buruh protes ke Carrefour
A A A
Sindonews.com - Ribuan buruh di Jalan Ahmad Yani, Surabaya berunjuk rasa di depan Carrefour. Aksi solidaritas para buruh ini untuk menuntut kejelasan status karyawan Carrefour yang hingga kini tidak jelas.

Ribuan buruh ini memblokir Jalan Ahmad Yani Surabaya yang menghubungkan Pasuruan dengan Sidoarjo dan mencoba masuk ke dalam Carrefour untuk menegur pihak manajemen. Aksi saling dorong pun terjadi antara buruh dan polisi.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Tri Maryanto mengatakan pihaknya terpaksa membubarkan aksi para buruh dengan paksa. Aksi blokir jalan yang dilakukan buruh dinilai mengganggu pengguna jalan.

"Ada pengguna jalan yang membawa orang sakit dan tidak bisa lewat lantaran jalan diblokir. Makanya kami bubarkan," ungkap Tri menjelaskan kepada wartawan, di lokasi aksi unjuk rasa, Jumat (2/11/2012).

Untuk menenangkan massa, perwakilan buruh bertemu dengan pengacara PT Alfa Ratelindo. Masalah ketenagakerjaan di Carrefour berawal dari dibelinya mayoritas saham PT Alfa Retelindo oleh Carrefour dan PT Alfa Ratelindo dinyatakan pailit.

Para karyawan yang masih tercatat sebagai karyawan PT Alfa Ratelindo pun khawatir saat perusahaannya dibeli Carrefour.

"Rupanya, orang yang menemui kita (pengacara PT Alfa Ratelindo) tidak punya wewenang untuk memutuskan hal yang menjadi tuntutan kita," ujar Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Surabaya Dendy Prayitno menjelaskan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4766 seconds (0.1#10.140)