Banyak sampah, 4 sungai di Yogya akan dikeruk

Jum'at, 02 November 2012 - 03:08 WIB
Banyak sampah, 4 sungai di Yogya akan dikeruk
Banyak sampah, 4 sungai di Yogya akan dikeruk
A A A
Sindonews.com - Untuk mengantisipasi tersumbatnya aliran sungai, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan melakukan pengerukan empat sungai di wilayahnya.

Untuk kegiatan ini, Pemkot Yogya sudah menyiapkan tiga unit alat berat bekho untuk mengeruk sampah di sepanjang aliran sungai.

Kepala BLH Yogyakarta Eko Suryo Maharsono mengatakan, sungai yang kondisinya banyak sampah dan akan dilakukan pengerukan yakni Sungai Winongo, Sungai Code, Sungai Gadjah Wong dan Sungai Manunggal.

Hanya saja, tidak semua sungai itu akan dikeruk dengan backhoe, karena tidak semuanya bisa dimasuki alat berat. “Untuk yang tidak bisa dimasuki, seperti Sungai Winongo, nanti pengerukan akan dilakukan secara manual,” katanya, Kamis (1/11/2012).

Menurut Eko, rencana pengerukan itu kedepannya akan dilakukan terus menerus, bahkan akan ditetapkan sebagai agenda rutin, terutama menjelang musim penghujan.

Sebab, diakui, selama ini setiap awal musim penghujan selalu terjadi banjir. Banyak sampah terlihat ikut terbawa arus dan menyebabkan air kali meluas.

Rencana pengerukan kali di Yogyakarta, merupakan upaya untuk mendukung program kali bersih (Prokasi). Dengan sungai yang bersih, dia berharap kedepan muncul kesadaran dari warga masyarakat sekitar untuk ikut menjaga kebersihan sungai.

"Kalau kondisi sungainya sudah bersih, mereka juga akan sungkan untuk membuang sampah, langkah preventif seperti ini yang akan kita kedepankan,” pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7806 seconds (0.1#10.140)