Hutan Gunung Wilis kembali terbakar

Kamis, 04 Oktober 2012 - 17:06 WIB
Hutan Gunung Wilis kembali terbakar
Hutan Gunung Wilis kembali terbakar
A A A
Sindonews.com - Setelah sempat padam selama sepekan, hutan jati di barat lereng Gunung Wilis, Jawa Timur (Jatim), kembali terbakar. Luasnya titik api membuat asap kebakaran hutan mulai mengganggu jarak pandang pengguna kendaraan yang melintas di sekitar lereng.

Kali ini kebakaran hutan jadi terjadi di Petak 305, Resort Pemangku Hutan Kuwiran, Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Dungus, Madiun, Jawa Timur (Jatim). Dalam wilayah administratif pemerintahan, lokasi kebakaran masuk wilayah Kecamatan Kare, kabupaten madiun yang tepat berada di barat lereng Gunung Wilis.

Asap tebal akibat kebakaran hutan jati yang terjadi Kamis (4/10/2012) ini mulai mengganggu jarak pandang di jalan antar desa. Pengguna jalan yang melintas harus berjalan pelan agar terhindar dari kecelakaan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Petugas Perhutani yang tiba di lokasi kesulitan memadamkan api. Terbatasnya peralatan dan personel membuat api mudah menjalar ke segala penjuru sesuai arah tiupan angin. Apalagi di lokasi hutan jati tersebut banyak terdapat semak belukar yang telah mengering, termasuk tanaman pengisi lain jenis mindi dan sengon yang masih muda.

Humas Perhutani KPH Madiun, Wardoyo, menolak memberikan keterangan terkait kebakaran hutan tersebut. Dalam keterangannya, Wardoyo menyarankan agar menghubungi langsung administratur Perhutani setempat.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.5980 seconds (0.1#10.140)