Penyelesaian tol Ungaran-Bawen meleset

Jum'at, 21 September 2012 - 22:40 WIB
Penyelesaian tol Ungaran-Bawen meleset
Penyelesaian tol Ungaran-Bawen meleset
A A A
Sindonews.com - Penyelesaian proyek jalan tol Ungaran-Bawen diprediksi akan meleset dari jadwal. Karena sejauh ini penyelesaiannya belum sampai 42 persen sedangkan tenggat penyelesaiannya tinggal enam bulan lagi.

Kondisi tersebut terungkap saat Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meninjau proyek tersebut. “Rata-rata minus. Misalnya dari seharusnya sudah 42 persen, tapi setelah saya lihat sekitar dua hari lalu belum sampai pada angka itu,” ujar Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Jum'at (21/9/2012).

Bibit menilai, melesetnya target tersebut salah satunya disebabkan pelaksana proyek tidak jeli dalam mengoptimalkan peluang waktu.
“Ini kan musim kemarau, harusnya semua ditambah. Mulai dari alat-alatnya, hingga tenaga pekerja. Semua harus ditambah,” katanya.

Sebab, jelas Bibit, sekitar November mendatang diperkirakan sudah memasuki musim penghujan. Di musim tersebut, bisa dipastikan pekerjaan proyek terganggu.

“Karena tanahnya menjadi licin. Kendaraan pengangkut tidak bisa jalan. Ya bisa-bisa mandeg, tidak bisa bekerja sehari penuh,” katanya.

Atas dasar itu, kata dia, dalam waktu dekat, dirinya akan segera mengumpulkan seluruh pelaksana proyek. Dirinya ingin sisa waktu musim kemarau ini, dimaksimal penuh oleh mereka.

Mantan Pangkostrad ini menambahkan, target penyelesaian jalur tol Ungaran-Bawen antara Maret hingga April 2013. “Dengan sisa waktu sekitar 6 bulan lagi, tentu harus butuh kerja keras,” jelasnya.

Proyek tol Ungaran-Bawen yang merupakan bagian dari proyek tol Semarang-Solo tersebut digarap tiga kontraktor. Proyek itu mulai dikerjakan sejak November 2011 lalu, dengan waktu sekira 23 bulan untuk target penyelesaian.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7348 seconds (0.1#10.140)