Hutan Gunung Slamet kembali terbakar

Rabu, 12 September 2012 - 16:45 WIB
Hutan Gunung Slamet kembali terbakar
Hutan Gunung Slamet kembali terbakar
A A A
Sindonews.com - Hutan di lereng Gunung Slamet yang ada di Kabupaten Pemalang kembali terbakar. Api diduga berada di titik 2.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kebakaran menyebabkan hutan seluas sekitar 15 hektare hangus terbakar.

Menurut keterangan salah satu anggota Search And Rescue (SAR) Jawa Tengah (Jateng) Sektor Tegal, Muhamad Ami, kebakaran diduga terjadi lantaran saat itu angin di wilayah Pemalang dan sekitarnya berhembus kencang. Hembusan angin itu diduga membuat sisa titik api kebakaran yang belum padam sebelumnya kembali menyala.

Seperti diketahui pada akhir Agustus lalu, kebakaran terjadi di hutan gunung tertinggi di Jateng itu. Pemadaman api ketika itu dengan cara manual. Hal itu membuat pemadaman tak bisa dilakukan secara maksimal. Maka tidak heran, jika itu menyisakan titik api yang belum padam.

"Titik api itu malah terkena hembusan angin kencang. Itu berakibat kebakaran kembali melanda," kata Amin dihubungi di Pemalang, Rabu (12/9/2012).

Berdasarkan pantauannya, ada dua titik api di lereng hutan gunung di Pemalang. Titik api itu terus membesar tertiup angin kencang. Diduga, kebakaran menghanguskan sekitar 15 hektar. Praktis, itu menambah jumlah lahan yang hangus. Karena kebakaran lalu telah mengakibatkan ratusan hektar lahan hangus.

Sampai saat ini, kebakaran belum juga padam. Hal itu tampak dari terlihatnya kepulan asap tebal dari Pos pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan, Pemalang dan di wilayah Guci, Kabupaten Tegal. "Asapnya tebal sekali," ujarnya.

Terkait kebakaran itu, pihaknya dan tim gabungan lain belum melakukan upaya pemadaman. Karena masih menunggu perintah dari tingkat provinsi. Kendati demikian, pihaknya tetap siaga kapan saja sembari melakukan pengamatan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6131 seconds (0.1#10.140)