Pemkot pasang 6 lampu penerang tenaga surya

Sabtu, 08 September 2012 - 02:35 WIB
Pemkot pasang 6 lampu penerang tenaga surya
Pemkot pasang 6 lampu penerang tenaga surya
A A A
Sindonews.com – Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame (PJPR) Kota Semarang melakukan penambahan enam lampu penerangan yang menggunakan tenaga alternatif yakni solar cell system. Penambahan lampu tersebut dilakukan di Jalan S Parman dan Jalan Imam Barjo , Kota Semarang.

Salah seorang pegawai Dinas (PJPR) Kota Semarang, M Sugiyono mengatakan, dalam membuat lampu penerangan yang menggunakan tenaga alternatif tersebut membutuhkan ketelitian. Sebab, harus merangkai panelnya yang terhubung ke kabel.

"Lumayan susah bikinnya, karena harus merangkai panelnya dihubungkan kabel," katanya di sela-sela proses pemasangan lampu di Jalan Imam Barjo, Jumat 7 September 2012.

Dijelaskannya, panel di masing-masing lampu memiliki ukran 1.305 mm x 670 mm x 35 mm dengan tegangan maksimal 1.000 V/10 Ampere. Setelah dipasang, lampu tidak begitu saja bisa menyala. Aki lampu harus diisi terlebih dahulu hingga penuh dan membutuhkan waktu sekitar dua hari hingga tiga hari.

“Ini baru tahap pemasangan lampu. Sedangkan untuk operasinya direncanakan pada hari Senin besok,” lanjutnya.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum Dinas PJPR Budi Setya Rahmat mengatakan, pemasangan lampu tersebut merupakan program baru Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

“Program pemasangan lampu penerangan dengan tenaga surya baru kali ini dilakukan dan memang sudah program Pemkot. Penggunaan sel surya bisa menghemat Rp2 juta per bulan. Dengan demikian akan lebih menghemat pengeluaran,” paparnya

Program itu berjalan menyesuaikan anggaran karena harga panel surya cukup mahal yaitu Rp20 juta hingga Rp30 juta per unit. Berbeda jika hanya menyambung dengan PLN karena per lampu hanya membutuhkan Rp5 juta. Untuk jumlah lampu penerangan jalan ada 70 ribu unit.

"Ini berimbas sangat baik sekali, untuk itu kami akan mengusahakan ini akan dilakukan tiap tahunnya," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3644 seconds (0.1#10.140)