Salah data, e-KTP di Empatlawang ditarik

Jum'at, 07 September 2012 - 17:41 WIB
Salah data, e-KTP di Empatlawang ditarik
Salah data, e-KTP di Empatlawang ditarik
A A A
Sindonews.com - Pihak Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empatlawang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menarik kembali Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP yang sudah dibagikan kepada wajib KTP. Penarikan tersebut dikarenakan adanya kesalahan cetak.

Camat Tebing Tinggi Alhumaidi Saman membenarkan pihaknya akan melakukan penarikan e-KTP yang sudah dibagikan kepada warganya karena adanya kesalahan cetak.

Untuk mengetahui ada kesalahan atau tidak, pihaknya meminta kepada wajib KTP yang sudah menerima untuk mengecek data yang tertera di KTP. Kalau memang ada perbedaan data seperti tanggal dan tahun kelahiran, diminta untuk segera melapor ke kantor kecamatan untuk dilakukan penarikan.

"Tidak bisa dipungkiri memang banyak yang salah cetak dan berubah datanya, seperti tanggal dan tahun kelahiran,” ujar Alhumaidi menjelaskan kepada wartawan, Jumat (7/9/2012).

Kebijakan untuk melakukan penarikan tersebut berdasarkan surat edaran dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empatlawang. Sebelumnya mereka belum berani membuat keputusan saat ada komplain dari wajib KTP.

Diakuinya dari sekitar 8.000 KTP yang sudah dibagikan di Tebing Tinggi, pihaknya sudah menerima ratusan lembar KTP yang mengalami kesalahan data.

"Setelah ada edaran dari Disdukcapil, setiap wajib KTP yang hendak mengambil KTP-nya langsung kita periksa datanya, kalau ada kesalahan akan ditarik kembali,” jelasnya.

Diakui Alhumaidi, tidak sedikit warga yang komplain kepada pihaknya atas kesalahan tersebut. Mereka menuding petugas perekaman yang salah memasukan data wajib KTP. Namun pihaknya menolak adanya kesalahan pendataan.

"Dari sana mereka akhirnya memaklumi kesalahan bukan dari kita namun dari pusat," tandasnya.

Kondisi yang sama juga dilakukan oleh pihak Kecamatan Lintang Kanan. Camat Lintang Kanan Rahmat Riyandi mengakui e-KTP yang dibagikan kepada warganya banyak yang mengalami kesalahan cetak.

Bahkan warga banyak yang mengetahui ada kesalahan setelah beberapa hari KTP dibawa pulang. Setelah beredar informasi banyak yang salah, baru kemudian banyak warga yang melapor balik ke kantor camat. Untuk mengantisipasi, saat ini setiap pengambilan KTP diperiksa dahulu secara teliti oleh yang bersangkutan.

"Yang melapor balik atau yang mengetahui ada kesalahan data saat pengambilan, langsung kita tarik kembali,” ujarnya.

Terpisah, Kadisdukcapil Empatlawang Choiri Badri mengatakan, edaran mengenai penarikan e-KTP yang salah sudah disampaikan ke seluruh camat di Empatlawang. Menurutnya, setelah mendapatkan laporan dan mengetahui banyak data yang salah, pihaknya langsung mengonfirmasi hal tersebut ke pusat.

Informasi dari pusat diketahui, memang ada kesalahan dari server. Sehingga saat pencetakan, banyak terjadi perubahan dengan data saat perekaman di kantor kecamatan.

"Teliti lagi saat pengambilan, kalau salah jangan diambil karena akan dilaporkan ke pusat dan yang sudah mengambil periksa lagi, siapa tahu ada kesalahan data dan segera laporkan ke kantor kecamatan,” ujarnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)