Gali sumur, 2 warga tewas

Kamis, 06 September 2012 - 10:04 WIB
Gali sumur, 2 warga tewas
Gali sumur, 2 warga tewas
A A A
Sindonews.com - Dua warga Desa Padang Panjang, Kecamatan Kota Agung, Tarzan (60) dan Tardi (45), tewas setelah menggali sumur di desanya. Sementara, satu orang lagi, Suharmin (15) dapat selamat setelah berjuang keras keluar dari sumur maut tersebut.

Menurut Suharmin, dia bersama Tarsan dan Tardi bermaksud mencari air dengan memperdalam sumur yang berkedalaman 17 meter tersebut. Dia memang tengah berupaya menggali liang sumur dengan mesin sedot air yang dimasukkan ke sumur. Namun, karena mesin tak berfungsi maksimal, saat itulah Tarzan berinisiatif turun ke sumur.Ternyata, saat ditunggu-tunggu, Tarzan tak kunjung naik ke permukaan.

Takut kejadian tak diinginkan, Tardi pun menyusul Tarzan ke bawah. Setali tiga uang. Dia yang sendirian di atas pun bingung melihat dua rekannya tidak kembali ke atas. Melihat kondisi ini, dia meminta bantuan beberapa tetangga sekitar dengan turun ke liang sumur dalam keadaan diikat di tubuhnya.

“Sayangnya, saat di sumur, saya segera berteriak kepada warga di atas untuk segera menarik saya. Saya tak sanggup melanjutkan ke liang sumur,” ujar dia.

Kapolres Lahat AKBP Benny Subandi melalui Kapolsek Kota Agung Iptu Sabar AT menyatakan, dua warga tewas yang memang berprofesi sebagai penggali sumur. Dia mengaku mendapati laporan tersebut setelah warga melaporkan kejadian yang berujung peristiwa nahas itu. Hingga pukul 16.00 WIB, akhirnya kedua korban dapat dievakuasi ke permukaan dan kondisinya sudah tewas.

“Karena faktor kedalaman, petugas dan warga sedikit kesulitan mengevakuasi korban. Butuh waktu sekitar tiga jam, kedua korban baru bisa diangkat,” katanya. Penyebab pasti kematian kedua korban hingga kini belum bisa dipastikan.

Namun, dugaan sementara, kedua korban tewas karena menghirup asap dari mesin pompa air di liang sumur. “Beberapa saksi masih kita periksa secara detail ,” pungkasnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5143 seconds (0.1#10.140)