Bandara Ahmad Yani perketat pengamanan

Sabtu, 01 September 2012 - 17:07 WIB
Bandara Ahmad Yani perketat pengamanan
Bandara Ahmad Yani perketat pengamanan
A A A
Sindonews.com – Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, melakukan peningkatan pengamanan bagi pengguna jasa penerbangan sipil mulai hari ini hingga 3 September 2012 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya ancaman teror dan bentuk kejahatan lain.

Manager Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang Suharyoko mengatakan, peningkatan pengamanan yang dilakukan pihaknya merupakan perintah dari pusat. Bukan hanya polisi, prajurit TNI juga dilibatkan untuk melakukan penjagaan di beberapa titik di kawasan bandara.

"Direktur Operasi dan Teknis Angkasa Pura Pusat memerintahkan kami untuk melakukan pengawasan lebih dari hari biasanya. Ini terkait dengan kejadian di Solo. Tapi ini merupakan hal biasa yang sudah menjadi SOP standar Angkasa Pura sebagai operator bandara," katanya di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/9/2012).

Dia mengungkapkan, penambahan personel tersebut untuk memberikan rasa aman kepada penumpang pesawat yang berada di bandara. "Kami hanya memberikan apa yang seharusnya penumpang terima. Di bandara mereka seharusnya merasa tenang, sehingga kami berupaya memberikan peningkatan pengamanan, dan kenyamanan bagi mereka," ungkapnya.

Salah seorang personel Satuan Sabhara Polrestabes Semarang, Briptu Heru mengutarakan bahwa ada sekira 20 personel dari kepolisian sektor Semarang Barat, dan 15 personel dari unit Sabhara Polrestabes Semarang.

Selain itu, ada sekira 20 personel dari Penerbang yang diperbantukan untuk melakukan pengawasan di bagian luar terminal. "Ada permintaan dari pihak bandara untuk menambah personel keamanan pasca peristiwa Solo, kami jaga 24 jam. Untuk kepolisian, sebagian mengenakan seragam dan sebagian lagi berpakaian preman," ujarnya.

Sementara Leonardi, salah seorang pengguna jasa penerbangan sipil asal Ambon mengaku sempat kaget dengan adanya sejumlah personel di pintu masuk, dan keluar terminal penumpang keamanan lengkap dengan senjata. “Sempat kaget juga melihat banyak petugas kepolisian di bandara. Tapi setelah diberi tahu saudara yang menjemput, akhirnya saya tahu kalau ini untuk meningkatkan kewaspadaan," ucapnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0121 seconds (0.1#10.140)