Proyek agro park ditentang dewan

Sabtu, 25 Agustus 2012 - 22:36 WIB
Proyek agro park ditentang dewan
Proyek agro park ditentang dewan
A A A
Sindonews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantaeng, menilai agro park (wisata kebun sayur) yang akan dibangun di kawasan Pantai Marina, dinilai tidak efektif. Karena iklim di kawasan tersebut tidak mendukung dan sumber airnya juga minim.

Menurut Ketua Komisi I Anas Hasan, iklim di lokasi tersebut sangat tidak memungkinkan, lantaran kering dan jauh dari sumber mata air.

“Kalau bupati (HM Nurdin Abdullah) mau membuat pengadaan air disana, saya yakin akan membutuhkan biaya yang sangat besar, kalaupun dipaksakan agro park ini, sama saja dengan melawan takdir. Wilayah Pa’jukukang adalah wilayah kering,” jelas Anas, Sabtu (25/8/2012).

Menurutnya, untuk kawasan tanaman sayur, hanya cocok di Kecamatan Uluere. Sehingga jika dipaksakan di Kecamatan Pa’jukukang, dianggap hanya membuang-buang anggaran. Hal itu, bisa bernasib sama dengan gedung Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang ada di Kecamatan Bisappu, karena tidak sesuai dengan lokasi.

“Jadi kami sangat tidak setuju dengan adanya rencana tersebut, karena memang berada di kawasan tandus,” jelas Anas.

Sementara itu, anggota Komisi II Nurdin Halim juga mengaku ragu dengan rencana tersebut. Pasalnya, hal itu juga dianggap sudah menyalahi tata ruang Bantaeng. Berdasarkan tata ruang, Kecamatan Pa’jukukang sebagai kawasan industri, bukan kawasan perkebunan sayur.

Pihaknya meminta kepada Pemkab Bantaeng, agar mengkaji ulang rencana tersebut sebelum diusulkan.

Sebelumnya, Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menyebutkan, untuk membuat kawasan agro park yang terletak diperbatasan Bantaeng Bulukumba diperkirakan akan menelan anggaran Rp20 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemkab Bantaeng sudang menyiapkan lahan seluas lima hektar dan grand design-nya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2026 seconds (0.1#10.140)