Wisata Agro Park segera digarap

Jum'at, 24 Agustus 2012 - 16:06 WIB
Wisata Agro Park segera digarap
Wisata Agro Park segera digarap
A A A
Sindonews.com – Kawasan Wisata Agro Park (kebun sayur) akan segera dibangun di seputar Pantai Marina Krong Batu, Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Bantaeng Asri Sahrun, hal itu dilakukan untuk menambah daya tarik wisata pantai yang berbatasan dengan Kabupaten Bulukumba tersebut.

“Untuk Agro Park itu pengawasannya secara terpadu dari beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait,” jelas Nasrun, Jumat (24/8/2012).

Dia mencontohkan, untuk penyediaan sayur akan ditangani oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dipernaka) Bantaeng, sementara pihaknya mengelola bagian kepariwisataan, serta beberapa SKPD terkait.

Pihaknya saat ini memang genjot mengangkat potensi wisata yang ada di Bantaeng, untuk bisa menjadi daerah tujuan wisata. Selain agro wisata, pihaknya juga mulai menggagas eko wisata.

“Kami sementara berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dan sekarang sudah ada jawaban, kemungkinan besar akan mulai di jalankan pada 2013,” ungkap Asri.

Lebih lanjut, kata Asri, konsep eko wisata ini memang berbeda dengan konsep wisata pada umumnya. Menurut Asri, eko wisata ini konsepnya wisata edukasi, sehingga para pengunjung bisa menikmati wisata sambil belajar.

Sebelumnya, Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menyebutkan, untuk membuat kawasan yang terletak diperbatasan Bantaeng Bulukumba tersebut, diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp20 miliar. Anggaran tersebut, kata orang nomor satu di kabupaten berjulukan Butta Toa tersebut, murni bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Saat ini kami masih sementara membuat grand designnya, dan sudah ada lahan yang kami siapkan seluas 5 Hektare (Ha), untuk menopang wisata pantai Marina,” ungkap Nurdin.

Dia menyebutkan, hal itu memang sengaja disiapkan agar para wisatawan tidak bosan dengan pemandangan serta fasilitas yang ada. Sebelumnya, pihaknya telah membuat wisata agro di kawasan puncak Uluere, dengan konsep wisata alam dan buah apel serta stroberi.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0187 seconds (0.1#10.140)