Cuaca ekstrim, Teluk Bone waspada

Minggu, 19 Agustus 2012 - 10:02 WIB
Cuaca ekstrim, Teluk Bone waspada
Cuaca ekstrim, Teluk Bone waspada
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabtu (18/8/2012) mengingatkan tinggi gelombang di Teluk Bone dalam dua hari kedepan bisa mencapai 2,5 meter.

Kepala Syahbandar, Andi Abbas yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, berdasarkan laporan ramalan cuaca yang dikeluarkan pihak BMKG dia meminta agar semua nahkoda tetap waspada. " Kita peringatkan nahkoda kapal agar tetap waspada karena cuaca agak ekstrim," katanya, Sabtu (18/8/2012).

Menurut dia, untuk pelayaran yang aman di Perairan Teluk Bone dan sekitarnya ombak hanya berkisar antara 1,5 meter hingga 2 meter. Jika melebihi batas normal ini sudah masuk kategori waspada. Apalagi kecepatan angin saat ini mencapai 21 knot perjam.

Menurut Andi Abbas, untuk mendeteksi cuaca di Pelabuhan Bajoe dapat dilakukan dengan tiga cara, laporan BMKG, pengamatan secara manual, dan komunikasi dengan nahkoda kapal yang sedang berlayar.

Teluk Bone dikenal dengan gelombang ekstrim yang sulit diprediksi. Cuaca buruk, yang datang secara tiba-tiba bisa mengancam keselamatan pelayaran.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4318 seconds (0.1#10.140)