Pelabuhan Pasangkayu siap disandari tanker

Rabu, 15 Agustus 2012 - 13:40 WIB
Pelabuhan Pasangkayu siap disandari tanker
Pelabuhan Pasangkayu siap disandari tanker
A A A
Sindonews.com - Pembangunan Pelabuhan barang dan penumpang Pasangkayu di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) sudah mendekati rampung. Bahkan pelabuhan ini siap disandari kapal besar seperti kapal Pelni atau kapal tanker.

Bupati Matra Agus Ambo Djiwa menjelaskan, pembangunan fisik pelabuhan sudah mencapai 90 persen. "Saat ini kami tinggal membangun akses masuk ke pelabuhan," katanya, Rabu (15/8/2012).

Pembangunan pelabuhan yang didanai oleh APBN sebesar Rp53 miliar ini mampu disandari kapal besar. "Pelabuhan Pasangkayu memiliki kedalaman 17 meter jadi layak disandari kapal besar, bahkan kapal tanker,' katanya.

Sejauh ini, Pelabuhan Pasangkayu sudah dilengkapi dengan dermaga, gedung untuk penumpang dan areal parkir. "Kami juga masih mengupayakan kucuran dana APBN untuk beberapa pembangunan lainnya," kata Agus.

Sementara, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh mengatakan, pembangunan pelabuhan di Matra untuk menunjang peningkatan sektor ekonomi di wilayah Sulbar secara menyeluruh.

Pelabuhan lain di kawasan Sulbar pun sedang dalam proses pembangunan seperti, pelabuhan perintis di Palipi Kabupaten Majene dan pelabuhan Tanjung Silopo. Penguatan akses juga diperkuat dengan pembangunan bandara di Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa.

"Semua untuk menunjang perekonomian Sulbar dan tidak boleh cepat puas dengan angka peningkatan sebesar 15 persen lebih itu," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6705 seconds (0.1#10.140)