Lokasi wisata di Kulonprogo tergusur Proyek Bandara

Jum'at, 10 Agustus 2012 - 17:45 WIB
Lokasi wisata di Kulonprogo tergusur Proyek Bandara
Lokasi wisata di Kulonprogo tergusur Proyek Bandara
A A A
Sindonews.com – Rencana pembangunan bandara pengganti Adisutjipto, berdampak besar bagi objek wisata di Kulonprogo. Dua lokasi wisata Pantai Glagah dan Congot yang menjadi andalan harus rela berubah menjadi bandara.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo, Eko Wisnu Werdana, berdasarkan studi kelayakan, Pantai Glagah dan Congot termasuk area pembangunan bandara.

"Kami harus menerima konsekuensi bahwa dua obyek wisata andalan ini akan tergusur. Kami akan coba mengembangkan wisata alternatif lain," katanya, Jumat (10/8/2012)

Menurut Eko, wilayah Pegunungan Menoreh di sisi utara menjadi alternatif wisata untuk dikembangkan. Pengembangan kawasan ini rencananya akan dipusatkan di Banjarasari, Banjararum, Kalibawang.

Lalu Pegunungan Suroloyo di Kecamatan Samigaluh, dan Goa Kiskendo di Kecamatan Girimulyo, serta Waduk Sermo di Kecamatan Kokap. "Kami optimistis pengembangan obyek wisata alternatif ini akan berhasil," kata dia.

Mengenai objek wisata di Kulonprogo, Eko mengakui, maasih tertinggal dibanding daerah lain di Yogyakarta. "Kami terbentur minimnya anggaran," katanya.

Untungnya masyarakat secara mandiri ikut membantu dengan mengembangkan rumah tinggal. Sehingga menambah keramaian wisata di Kulonprogo, walau tidak menyumbangkan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7151 seconds (0.1#10.140)