Siswa SMA bobol kios ponsel

Jum'at, 03 Agustus 2012 - 22:19 WIB
Siswa SMA bobol kios ponsel
Siswa SMA bobol kios ponsel
A A A
Sindonews.com - Seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), di Kecamatan Kota Sumenep, Jawa Timur (Jatim), terpaksa berurusan dengan jajaran aparat Polres setempat. Siswa tersebut diduga kuat terbukti melakukan tindak kriminal pencurian.

Siswa tersebut berinisial MAH (17) asal Desa Bancarama, Kepulauan Gili Iyang, Kecamatan Dungkek. Dia tertangkap saat melakukan aksi pencurian di salah satu kios telepon seluler (onsel), Desa Bangkal, Kecamatan Kota. Dari tangan pelaku, berhasil diamankan barang bukti berupa lima unit ponsel.

Kapolsek Kota AKP Moh Heri menyatakan, dalam melakukan aksi kriminal, modus yang diluncurkan oleh pelaku tergolong baru, yakni dengan mengganti gembok. Usai membobol kios, gembok kemudian diganti dengan yang baru oleh pelaku, guna mengelabui pemilik.

“Kasus kami kembangkan dan mengarah pada pelaku yang masih pelajar. Itu berkat informasi dari salah satu warga,” ujar Heri menjelaskan kepada wartawan, Jumat (3/8/2012).

Atas informasi yang diperoleh, polisi berhasil menemukan tempat kos tersangka, di Jalan Mahoni, Desa Pangarangan. Heri menjelaskan, saat digrebek oleh petugas, pelaku sedang berada di kamar kos dan berhasil ditemukan barang bukti berupa gembok milik kios ponsel tersebut.

Saat kunci dimasukkan pada gembok itu, ternyata cocok. Polisi langsung menginterogasi pelaku, hasilnya mengaku telah melakukan aksi pencurian dengan mengambil lima ponsel di counter tersebut. Heri mengungkapkan, dengan pengakuan tersebut, pelaku langsung dibawa ke Polsek Kota Sumenep untuk menjalani pemeriksaan.

“Selanjutnya pelaku akan dikirim ke Polres Sumenep, guna pengembangan penyelidikan,” urainya.

Meskipun pelaku masih di bawah umur, namun akibat perbuatannya tetap diganjar pasal 363 KUH Pidana, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. Diduga kuat, pelaku tidak sendirian dalam melancarkan aksinya.

“Penerapan hukum tetap. Hanya saja, pelaksanaan sidangnya nanti di Peradilan Anak,” ucapnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7817 seconds (0.1#10.140)