6 kabupaten krisis air bersih

Rabu, 01 Agustus 2012 - 16:44 WIB
6 kabupaten krisis air bersih
6 kabupaten krisis air bersih
A A A
Sindonews.com - Sejumlah kawasan di Jawa Timur mulai merasakan kesulitan mendapatkan air bersih. Ada 6 kabupaten yang mulai mengalami krisis air bersih. Untuk mengatasinya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim)) berupaya memasang jaringan pipa baru.

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang (PUCKTR) Pemprov Jatim memaparkan, Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Gresik, Pacitan, Ngawi, dan Madura mulai mengalami krisis air.

Sebelumnya, Dinas PU Pengairan Jatim telah merilis sebanyak 9.278 hektar lahan di Jatim terancam kekeringan. Rata-rata lahan tersebut merupakan lahan tadah hujan dan tersebar di 15 Kabupaten di Jawa Timur.

Kepala Dinas PUCKTR Provinsi Jatim Gentur Sandjoyo mengatakan, beberapa kawasan itu memang tidak semuanya terancam krisis air bersih. Hanya, sebagian yang memang tidak ada sumber air dan tandus serta kebutuhan air hanya mengandalkan tadah hujan.

Dalam mengatasinya, Pemprov Jatim, akan membangun jaringan air bersih di 22 Kabupaten se-Jawa Timur. Jaringan ini adalah membantu kebutuhan air bersih warga. "Untuk sementara kami akan membuat sumur bor di kawasan yang kekurangan air," katanya.

Disamping itu, Dinas PU juga telah menyiapkan tandon-tandon air di beberapa titik rawan air. "Kita akan bekerja sama dengan PDAM masing-masih daerah untuk membantu ketersediaan air bersih," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7937 seconds (0.1#10.140)