Ribuan petasan di Demak dimusnahkan polisi

Senin, 30 Juli 2012 - 17:37 WIB
Ribuan petasan di Demak dimusnahkan polisi
Ribuan petasan di Demak dimusnahkan polisi
A A A
Sindonews.com - Belasan ribu butir petasan berbagai ukuran dan belasan kilogram mesiu disita aparat Polres Demak, Jawa Tengah (Jateng), saat menggerebeg sebuah rumah kampung petasan. Setelah disita, petasan tersebut langsung dimusnhkan.

Walaupun mesiu merupakan bahan peledak low explosive, namun dengan jumlah sebanyak itu diyakini mampu menghancurkan sebuah rumah bila meledak. Saat polisi meledakkan petasan yang baru saja disita dari industri rumahan milik Giyono di Desa Bung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, petasan-petasan ini mampu menghasilkan suara yang keras dan memekakkan telinga bila diledakkan.

Menurut Kasubag Humas Polres Demak AKP Sutomo mengatakan, dalam jumlah besar petasan-petasan ini mempunyai daya ledak yang besar walaupun dibuat dengan cara manual. Pada musim kemarau seperti sekarang ini, penyimpanan petasan juga dapat memicu terjadinya ledakan.

"Petasan yang diproduksi warga Desa Bungo ini setiap tahun selalu mengalami perkembangan. Kini warga mampu membuat petasan yang dapat meledak hingga dua untuk sekali sulut," ungkap Sutomo menjelaskan kepada wartawan, Senin (30/7/2012).

Tidak hanya didistribusikan ke Demak saja, petasan dari Desa Bungo ini juga didistribusikan ke daerah lain. Diketahui, petasan sudah menyebar hingga beberapa daerah termasuk Jawa Barat (Jabar).

Menurut Sutomo, meski polisi telah berulangkali melakukan razia ke pusat industri petasan tersebut namun masyarakat masih saja memproduksi petasan dengan cara sembunyi-sembunyi. Selain berbahaya, petasan tersebut juga sangat mengganggu warga lain.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6863 seconds (0.1#10.140)