Kapal bermuatan sembako karam di Selat Madura

Jum'at, 27 Juli 2012 - 09:36 WIB
Kapal bermuatan sembako karam di Selat Madura
Kapal bermuatan sembako karam di Selat Madura
A A A
Sindonews.com - Akibat cuaca buruk, sebuah kapal barang bermuatan puluhan ton sembako dan bahan bangunan karam di perairan Sreseh, Kabupaten Sampang, Jawa Timur (Jatim).

Bahkan rongsokan kapal barang tersebut terlihat di bibir pantai setempat. Kapal yang bernama Sumber Mulya yang mengangkut 25 ton bahan bangunan dan berbagai macam kebutuhan pokok ini, berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan tujuan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Namun saat melewati perairan Sreseh, Sampang, kapal diterjang angin kencang disertai gelombang dan ombak tinggi. Akibatnya, lambung kapal pun pecah dan sebagian besar muatan karam. Hanya sebagian kecil muatan saja yang berhasil diselamatkan.

Nahkoda kapal Sumber Mulya, Sudarmin Dahlan, yang ditemui di rumah warga setempat, menuturkan, hempasan angin kencang dan gelombang tinggi membuat kapal terisi air. Hingga akhirnya tenggelam secara perlahan.

“Saat itu saya dapat laporan dari ABK kalau kapal mulai terisi air laut. Lalu saya coba belokkan haluan ke perairan kampong nelayan ini untuk menyelamatkan para ABK”, terang Sudarmin Dahlan menjelaskan, Jumat (27/7/2012).

Beruntung, upaya tersebut berhasil. Meski sempat terombang ambing di tengah laut selama beberapa jam, 11 ABK selamat. Meski demikian, akibat karamnya kapal dan sebagian besar muatan, kerugian ditafsir ratusan juta rupiah.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8180 seconds (0.1#10.140)