Lima daerah di Jateng kekurangan air bersih

Senin, 16 Juli 2012 - 19:41 WIB
Lima daerah di Jateng kekurangan air bersih
Lima daerah di Jateng kekurangan air bersih
A A A
Sindonews.com - Musim kemarau menyebabkan lima daerah di Jawa Tengah dilanda kekurangan air bersih. Kelima daerah tersebut meliputi Kabupaten Demak sebanyak 41 desa, Banyumas sebanyak 64 desa, Grobogan sebanyak 103 desa, Rembang sebanyak 133 desa dan Cilacap sebanyak 31 desa.

Pemerintah kabupaten setempat telah mengajukan bantuan air bersih ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah.

“Sudah melaporkan ke kami dan telah kami instruksikan masing-masing Bakorwil untuk mengirimkan bantuan air bersih,” ungkap Kabid Penanganan Darurat BPBD Jateng Gembong Purwanto, Senin (16/7/2012).

Di Jawa Tengah, terdapat tiga Bakorwil meliputi Bakorwil Solo-Kedu, Bakorwil Pati dan Bakorwil Pekalongan. Masing-masing bakorwil, lanjut Gembong, sudah menyiapkan antara 1.000-1200 tangki air bersih untuk mengatasi kekurangan air bersih di masing-masing karesidenan pada musim kemarau tahun ini.

“Kami harap jika ada kekurangan air bersih, segera menghubungi ke bakorwil masing-masing. Kami perkirakan ketersediaan air di bakorwil akan habis pada September mendatang,” imbuhnya.

Daerah lain yang terancam kekeringan di antaranya Blora, Kendal, Wonogiri, Sragen, Boyolali, Brebes, Klaten, Boyolali, Kota Semarang dan masih banyak di daerah lainnya.

“Kebutuhan air bersih untuk wilayah terdampak selama 30 hari diperkirakan sebanyak 662.973.570 liter. Dengan asumsi ada lima jiwa per KK,” jelas Gembong.

Sementara itu, bupati dan walikota di Jateng diminta melaksanakan rehabilitasi sistem irigasi, waduk embung pintu-pintu air pada musim kemarau saat ini supaya ke depan tidak terjadi banjir.

“Bagaimana supaya tidak sulit (air), cara yang bisa dilakukan dalam jangka panjang adalah dengan penghijauan. Ini sudah kewajiban baik itu diperintah atau tidak diperintah karena ini untuk kepentingan kehidupan kita semua,” kata Gubernur Jateng Bibit Waluyo.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4861 seconds (0.1#10.140)