Eksplorasi gas Lapindo harus ada izin warga

Selasa, 10 Juli 2012 - 16:35 WIB
Eksplorasi gas Lapindo harus ada izin warga
Eksplorasi gas Lapindo harus ada izin warga
A A A
Sindonews.com - Izin untuk melakukan ekspolasi gas yang akan dilakukan PT Lapindo Brantas Inc akan diserahkan sepenuhnya pada warga Sidoarjo. Jika warga mengizinkan, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo pun akan mengeluarkan izin tersebut.

Wakil Bupati Sidoarjo HMG Hadi Sutjipto mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kewenangan perizinan pengembangan ekplorasi gas PT Lapindo Brantas Inc kepada warga Sidoarjo. Intinya, Pemkab Sidoarjo mendukung eksplorasi gas jika warga Sidoarjo mendukung.

"Izin pun akan dikeluarkan Pemkab Sidoarjo dengan satu syarat warga Sidoarjo pun mengizinkan PT Lapindo Brantas Inc melakukan eksplorasi gas," ujar Hadi menjelaskan kepada wartawan saat menebar benih lele di kolam dekat sumur gas Lapindo, Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Selasa (10/7/2012).

Hadi mengakui, sebenarnya kebutuhan gas sangat besar. Sebab, sampai saat dari kebutuhan yang diperlukan belum separuhnya bisa dipenuhi. Sedangkan potensi gas di bumi Sidoarjo sangat besar. Jika tidak dikelola dengan baik dikhawatirkan akan liar dan berakibat menyembur ke permukaan.

Untuk itulah, jika melihat dari potensi gas Sidoarjo sangat besar. Namun, kondisi ini dilematis dengan kenyataan yang ada karena warga khawatir akan dampak dari ekplorasi gas yang akan dilakukan.

"Kita mengikuti mekanisme yang ada saja. Kalau warga mengizinkan tentu Pemkab Sidoarjo akan memberi izin," tegasnya.

Kepala Perwakilan BP Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara Elan Biantoro yang juga menghadiri budidaya lele mengatakan untuk welltest (untuk mengetahui sisa kandungan gas di sumur) tidak menimbulkan resiko apa-apa. Sebab, sumur sudah sesuai dengan standart operasional.

"Jadi kalau welltest itu tidak ada dampak apa-apa. Itu kan hanya untuk mengetahui sisa cadangan gas di sumur," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Lapindo Brantas Inc Dharma Irawan Jenie mengaku belum tahu kapan pihaknya akan mengekplorasi lagi sumur gasnya. Namun, selama ini pihaknya berusaha mencukupi kebutuhan gas kota (city gas).

Dharma juga menampik jika kegiatan Coorporate Sosial Responsibility (CSR) dengan menggandeng warga sekitar sumur gas Desa Kalidawir terkait dengan penolakan Welltest.

"CSR itu kegiatan kita tiap tahun. Dan, kami selalu mengadakan kegiatan yang melibatkan warga sekitar," ujarnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7822 seconds (0.1#10.140)