Ormas sweeping saat ramadan akan ditindak tegas

Jum'at, 06 Juli 2012 - 14:32 WIB
Ormas sweeping saat ramadan akan ditindak tegas
Ormas sweeping saat ramadan akan ditindak tegas
A A A
Sindonews.com - Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, pihak kepolisian siap menindak tegas organisasi masyarakat (ormas) atau kelompok masyarakat yang melakukan sweeping pada bulan ramadan nanti.

“Ormas atau kelompok masyarakat lainnya menggelar sweeping pada pulan puasa nanti akan kami tindak tegas,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Martinus Sitompul, Jumat (6/7/2012).

Dia menjelaskan, tindakan itu diambil guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, Martinus menegaskan untuk masalah penindakan terhadap pelanggaran hukum merupakan kewenangan aparat kepolisian dan bukan wewenang ormas.

"Langkah hukum berupa razia, pemeriksaan, penindakan, dan lain sebagainya itu otoritasnya ada di petugas kepolisian. Jadi kalau ada masyarakat yang sweeping tempat hiburan, justru salah," katanya.

Untuk itu, pihaknya siap menindak tegas ormas atau kelompok masyarakat yang masih menggelar sweeping, terlebih menjurus anarkisme. “Razia yang disertai dengan kekerasan atau perusakan itu tidak dibenarkan. Tindakan itu sudah melawan hukum," tandasnya.

Namun, sebelum aksi sweeping terjadi, jauh-jauh hari pihaknya akan menerapkan langkah persuasif untuk mencegah adanya ketegangan, baik antara polisi, ormas, ataupun antarkelompok masyarakat.

“Sebelum dilakukan penindakan sweeping Ormas, tentu kami harus mengambil langkah pencegahan terlebih dahulu berupa ajakan dan imbauan pada Ormas, agar ada pemberitahuan setiap mereka menggelar kegiatan," tuturnya.

Selain mengimbau ormas, dalam kesempatan yang sama juga mengimbau kepada masyarakat pengelola restoran, warung, makanan, dan apa pun yang bisa mengusik kekhusyukan puasa agar tidak terlalu vulgar. “Mari kita bersama-sama muliakan bulan ramadan ini," tukasnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6109 seconds (0.1#10.140)