Jalur mudik di Jabar sudah disiapkan

Rabu, 04 Juli 2012 - 10:59 WIB
Jalur mudik di Jabar sudah disiapkan
Jalur mudik di Jabar sudah disiapkan
A A A
Sindonews.com - Jalur utama mudik lebaran 2012 untuk wilayah Jawa Barat (Jabar) sudah disiapkan. Saat ini Pemerintah Provinsi Jabar sudah menyiapkan tiga jalur utama dan 17 jalur pendukung atau jalur alternatif bagi pemudik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar Dicky Saromi mengatakan masalah utama yang akan dihadapi para pemudik sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya yakni kemacetan.

Kemacetan akan terasa di beberapa tempat, terutama akibat beberapa (jalan) penyempitan jalan seperti di Nagreg. Juga jalan tol yang akan padat dalam waktu tertentu.

"Tetapi cara bertindaknya kita sudah disiapkan," kata Dicky, usai rapat koordinasi (rakor) rencana operasi angkutan Lebaran 2012 (1433 H) di Kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Bandung, Selasa 3 Juni 2012 malam.

Sedangkan jalur mudik di Jabar yang akan ditempuh juga sama seperti tahun sebeumnya, yakni jalur utama yang terdiri dari tiga jalur yakni jalur utara, jalur tengah dan jalur selatan. Kata Dicky, tiga jalur utama ini akan dibantu dengan 17 jalur alternatif yang bisa digunakan pemudik jika terjadi kemacetan. Sebanyak 17 jalur alternatif ini akan menghubungkan dengan tiga jalur utama tersebut.

"Ada 17 jalur alternatif dari Barat sampai Timur untuk menghubungkan ketiga jalur utama itu," paparnya.

Sebanyak 17 jalur alternatif tersebut di antaranya Jalur Sukabumi, Cianjur, Cileungsi, Jonggol, Cijapati, Malangbong, Wanayasa, dan seterusnya.

Namun kondisi jalur-jalur alternatif itu masih seperti tahun lalu, masih minim rambu dan fasilitas mudik lainnya. Dicky berharap, ketika nantinya ada pengalihan dari jalur utama ke jalur alternatif diharapkan para pemudik tahu kondisi tersebut.

"Kita coba penuhi rambu, personil juga akan ditempatkan di sana. Kami bahu-membahu dengan polisi," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah menentukan rencana operasi angkutan Lebaran 2012 (1433 H) rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait seperti Polda Jabar, Jasa Raharja, Orari, Rapi, Organda dan Dishub Kabupaten/Kota. Kata Dicky, dalam rakor juga disampaikan rencana operasi angkutan Lebaran 2012, hasil rakor dengan Kementerian Perhubungan, dan evaluasi mudik 2011 serta apa yang mesti dilakukan pada saat mudik 2012.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1634 seconds (0.1#10.140)