Tolak outsourcing, buruh Sidoarjo blokir jalan

Selasa, 26 Juni 2012 - 14:58 WIB
Tolak outsourcing, buruh Sidoarjo blokir jalan
Tolak outsourcing, buruh Sidoarjo blokir jalan
A A A
Sindonews.com - Ratusan buruh di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) menggelar aksi unjuk rasa menolak outsourcing. Dalam unjuk rasa tersebut, buruh melakukan aksi blokir jalan. Akibatnya, arus lalu lintas Surabaya-Sidoarjo macet total.

Ratusan buruh sidoarjo ini juga melakukan blokir jalan dan orasi didepan pabrik plastik PT Langgeng Makmur di kawasan Waru. Pra buruh menilai PT Langgeng Makmur melakukan pelanggaran hak buruh terkait masalah outsourcing dan kesejahteraan buruh.

Koordinator Aksi, Tarmuji mengatakan buruh menuntut pengusaha untuk segera menaikkan status buruh menjadi pekerja tetap dan menolak sistem outsourcing. Selain itu, buruh juga menuntut agar seluruh hak buruh seperti upah bulanan dan sejumlah uang kesejahteraan dipenuhi sesuai undang-undang ketenagakerjaan.

"Kami meminta pengusaha agar mentaati seluruh aturan dan perjanjian yang telah disepakati dengan pihak Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo untuk memberikan seluruh hak kesejahteraan buruh," ujar Tarmuji dalam orasinya menjelaskan, Selasa (26/6/2012).

Aksi unjuk rasa buruh Sidoarjo ini dikawal ketat oleh aparat kepolisian. Meski tidak sampai melakukan aksi anarkis, namun akibat aksi demo buruh ini jalur Surabaya-Sidoarjo hingga saat ini masih terganggu.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7676 seconds (0.1#10.140)