Blitar diguncang gempa

Selasa, 26 Juni 2012 - 12:29 WIB
Blitar diguncang gempa
Blitar diguncang gempa
A A A
Sindonews.com - Gempa mengguncang wilayah Kabupaten dan Kota Blitar. Meski hanya berlangsung hanya sepersekian detik, getaran yang berlangsung sekitar pukul 12.16 WIB cukup keras dan mengejutkan.Sejumlah warga memilih keluar dari rumah.Menurut keterangan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Katidjan, sejauh ini belum menerima laporan adanya kerusakan.

“Memang cukup keras. Namun hanya berlangsung sekali dengan waktu sepersekian detik, “ ujarnya kepada Sindo, Selasa (26/6/2012).

BPBD juga belum bisa memberi informasi terkait pusat gempa. Apakah tersentral di wilayah Blitar, atau di perbatasan seperti Malang dan Kediri. Hal itu mengingat, getaran gempa yang dirasakan di Blitar seringkali terpusat di wilayah selatan Kabupaten Malang.

“Prosedurnya BMKG Bandung menerima data dari BMKG di Tretes dan Karangkates. Setelah dilakukan pengolahan data, baru disampaikan ke daerah yang merasakan gempa. Biasanya penyampaian ini tidak berlangsung lama," terangnya.

Meski belum menerima rilis data dari BMKG, Katidjan menduga pusat gempa berada di wilayah Kabupaten Blitar. Selain getaran yang cukup kencang, penyampaian data yang relatif lama menjadi salah satu alasanya.

Jika memang itu benar, tentunya ada dua kemungkinan lagi yang perlu diketahui, yakni gempa terpusat di dalam laut atau karena adanya aktivitas Gunung Kelud.

“Secepatnya kana kita sampaikan nanti, jika memang sudah mendapat data dari BMKG," pungkasnya.Sementara dari situsnya, BMKG belum ada keterangan gempa yang terjadi di Blitar siang ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5663 seconds (0.1#10.140)