Kesal, warga tembaki penambang pasir liar

Minggu, 24 Juni 2012 - 15:08 WIB
Kesal, warga tembaki penambang pasir liar
Kesal, warga tembaki penambang pasir liar
A A A
Sindonews.com - Geram dengan aktivitas penambangan pasir liar yang merusak lingkungannya, puluhan warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) menyerang para penambang. Warga menembaki penambang pasir yang beroperasi di tengah Sungai Brantas dengan senapan angin, ketapel dan petasan.

Salah seorang warga, Sapari mengatakan puluhan warga Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang menembaki para penambang pasir liar yang tengah beroperasi di tengah Sungai Brantas. Warga nekat menembaki penambang dengan senapan angin karena kesal para penambang bandel dan tetap beroperasi meski sudah di peringatkan berkali-kali.

"Mereka sudah diperingati berkali-kali jangan melakukan penambangan, Tapi tetap bandel," ujar Sapari menjelaskan kepada wartawan, Minggu (24/6/2012).

Padahal selain melanggar Peraturan Daerah (Perda), aktivitas penambangan pasir liar jelas-jelas telah merusak lingkungan. Penambangan ini dinilai telah memicu abrasi tanah-tanah warga di sekitar sungai atau jebolnya tanggul Sungai Brantas.

Tak hanya dengan senapan angin, warga juga mengusir dan menembaki penambang dengan ketapel dan petasan. Mendapat serangan mendadak. para penambang tidak ada yang berani mendekat dan langsung pergi menjauh dari lokasi.

"Penambang pasir liar juga kerap beroperasi pada malam hari hingga suara mesin membuat warga bising dan tidak bisa tidur," papar Sapari.

Bahkan, menurut warga para penambang kini juga sering membekali diri dengan senapan untuk berburu serta balik menyerang jika diusir atau ditembaki oleh warga.

"Kami berharap pemerintah serius menghentikan aktivitas penambangan pasir di Sungai Brantas," katanya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9932 seconds (0.1#10.140)