Duet Soekarwo- Ipul berlanjut

Kamis, 21 Juni 2012 - 09:36 WIB
Duet Soekarwo- Ipul berlanjut
Duet Soekarwo- Ipul berlanjut
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2013 masih setahun lagi. Tapi teka-teki siapa yang bakal digandeng Soekarwo dalam Pilgub 2013 mendatang, sudah terkuak.

Gubernur Jatim ini kembali menggandeng Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Pernyataan tersebut dilontarkan Gubernur Jatim Soekarwo saat menjadi pemateri Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) XXVII yang diikuti 282 pejabat se-Indonesia, di Gedung Baliklat Jalan Balongsari Tama, Surabaya Rabu 20 Juni.

Saat itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini menjawab pertanyaan peserta Diklatpim dari Nusa Tenggara Barat. Pertanyaan yang terlontar, ketika banyak kepala daerah tidak harmonis atau pecah kongsi, Gubernur dan Wagub Jatim tetap harmonis. Apakah dalam Pilgub nanti Pakde akan tetap menggandeng wakilnya? Mendengar pertanyaan tersebut, Soekarwo menyatakan sudah cocok dengan wakilnya saat ini.

“Makanya akan bareng lagi mencalonkan (pada Pilgub 2013 mendatang),” jawabnya.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini menyatakan, sudah mantap kembali memilih Gus Ipul. Dia menilai Gus Ipul tahu dan memahami betul posisinya sebagai wagub. Sejauh ini, koordinasi dan komunikasi berjalan lancar serta dilakukan secara intensif. Saling mengetahui posisi sebagai gubernur maupun wakil gubernur itu dianggap penting. Sampai-sampai Pakde Karwo mengibaratkan, jangan sampai ada wakil gubernur rasa gubernur, atau ada teh rasa stroberi.

Di hadapan peserta Diklatpim, Soekarwo juga memuji Gus Ipul yang dinilai luar biasa dalam segala bidang. Dia menganggap Gus Ipul sebagai wakil orang muda yang punya hasrat kuat dan sangat menghargai otoritas dan hak gubernur. Pernyataan Pakde Karwo menggandeng kembali Gus Ipul merupakan kali pertama dalam menyongsor Pilgub 2013 mendatang.

Sebelumnya, ada beberapa nama yang dikabarkan siap menjadi wakil gubernur mendampingi Soekarwo. Mereka antara lain, Ketua DPD PDIP Jatim Sirmadji yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim, Ketua DPD I Golkar Jatim Martono,dan Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti dan Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer.

Sementara itu, dalam beberapa kali kesempatan,Gus Ipul mengaku sangat cocok dan berharap bisa terus mendampingi Pakde Karwo. Dia juga menyatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai Gubernur dalam Pilgub 2013 mendatang.

“Saya sangat cocok dengan Pakde Karwo,” kata Gus Ipul.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5948 seconds (0.1#10.140)