Pilkada gabungan hemat anggaran Rp48,9 miliar

Rabu, 13 Juni 2012 - 12:41 WIB
Pilkada gabungan hemat anggaran Rp48,9 miliar
Pilkada gabungan hemat anggaran Rp48,9 miliar
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serempak dan gabungan di Jawa Barat (Jabar) dapat menghemat anggaran hingga Rp48,9 miliar. Pilkada serempak tersebut rencananya yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar dan empat Pilkada di Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Yayat Hidayat mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi terkait pelaksanaan Pilkada bersama tersebut.

“Jika pemilu gabungan ini terlaksana, untuk Kabupaten Sumedang bisa melakukan efisiensi anggaran hingga Rp21 miliar, Kota Sukabumi Rp4,8 miliar, Kabupaten Bandung Barat Rp19 miliar, dan Kota Cirebon Rp3,7 miliar,” katanya.

Rencananya pada Kamis 14 Mei besok, akan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pelaksanaan Pilkada bersama. Sedangkan, jumlah anggaran pilkada gabungan yang diperkirakan mencapai Rp759 miliar, pihaknya mengaku optimis anggaran itu dapat disetujui oleh Pemprov dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar.

“Rp759 miliar itu dicairkan dua kali. Pertama, di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jabar murni tahun 2012 sebanyak Rp106 miliar dan sisanya di APBD Perubahan,” paparnya.

Yayat menuturkan, jika Pilgub Jabar mekanisme dipilih oleh DPRD maka anggaran yang dikeluarkan tidak akan sebesar dengan mekanisme dipilih langsung oleh rakyat. Namun menurutnya, dari informasi terakhir yang didapatnya dari DPR, UU Pemilu baru diketok bulan Oktober.

“Dan sepertinya itu tidak akan berlaku untuk Jabar sehingga kemungkinannya Jabar dipilih langsung oleh rakyat bukan oleh dewan," pungkasnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4354 seconds (0.1#10.140)