Popularitas jadi kunci Pilgub Jabar

Minggu, 10 Juni 2012 - 22:12 WIB
Popularitas jadi kunci...
Popularitas jadi kunci Pilgub Jabar
A A A
Sindonews.com - Popularitas masih menjadi kunci keberhasilan bagi tokoh yang akan diusung menjadi calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Barat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Jawa Barat Mendatang.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago mengatakan, meskipun banyak bupati ataupun wali kota di Jawa Barat yang ingin maju, jika tak memiliki performa dan dikenal secara nasional akan susah mendulang suara.

"Ahmad Heryawan incumbent, partainya juga solid. Dede Yusuf juga populer yang rebutin ibu-ibu, sudah aman itu. Jadi masyarakat melihatnya bukan pada program, tapi figur. Karena Jawa Barat kan kelas menengahnya sedikit, lebih banyak yang pendidikannya SMP dan SMP, apalagi ada yang masih SD," katanya kepada wartawan di Depok, Minggu (10/6/2012).

Namun menurutnya, munculnya nama Rieke Diah Pitaloka dalam bursa Cagub Jawa Barat akan mampu mendulang suara di beberapa wilayah Jawa Barat. Pasalnya, Rieke selama ini dikenal sebagai seniman yang peduli terhadap nasib rakyat.

"Rieke hanya tinggal menunggu saja, walaupun ada beberapa bakal calon dari PDIP, dia posisinya tetap di atas dalam internal, apalagi Riekenya mau. Jadi siapapun calonnya nanti sangat tergantung dari pasangan, Rieke bakal jadi rebutan, tapi dia memang untuk wakil posisinya," ungkapnya.

Menurutnya, Rieke akan mendulang suara banyak di wilayah Indramayu, Sukabumi dan Bandung. Apalagi basis Rieke adalah para Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang banyak berasal dari Jawa Barat. "Rieke akan jadi penentu dan rebutan, Rieke hanya tinggal memilih, karena dia artis yang pekerja keras, aktivis pintar, dan bisa disebut selebriti plus," tukasnya. (lil)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0414 seconds (0.1#10.140)