Ratusan bangunan rusak diterjang gelombang pasang

Sabtu, 26 Mei 2012 - 16:21 WIB
Ratusan bangunan rusak diterjang gelombang pasang
Ratusan bangunan rusak diterjang gelombang pasang
A A A
Sindonews.com - Gelombang pasang menerjang wilayah pesisir pantai Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Akibat gelombang pasang, ratusan bangunan pondok di sekitar lokasi objek wisata pantai rusak. Gelombang pasang juga menyebabkan abrasi dan merubuhkan pepohonan.

Dari pantauan di lapangan, Sabtu (26/5/2012), daerah terparah yang diterjang gelombang pasang berada di lokasi objek wisata Pantai Putra Deli, Desa Denai Kuala, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang. Di lokasi tersebut, ratusan pondok nonpermanen yang berada di pinggir pantai rusak diterjang gelombang pasang.

Gelombang pasang yang sudah berlangsung selama hampir sepekan ini juga menyebabkan abrasi di sepanjang garis pantai. Akibat abrasi, puluhan pohon cemara yang berada di sekitar pantai ikut rubuh karena tergerus air laut.

Menurut sejumlah warga gelombang pasang kali ini merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya air pasang laut tidak sampai menjangkau lokasi bangunan pondok wisata.

Untuk mencegah dampak kerusakan yang diakibatkan gelombang pasang, warga mulai membuat tanggul penahan ombak dari karung plastik yang diisi pasir. Selain itu gelombang pasang ini membuat nelayan takut untuk pergi melaut. Para nelayan lebih memilih untuk menyandarkan perahunya di muara sungai.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4681 seconds (0.1#10.140)