Korban banjir lahar Gunung Gamalama bertambah

Rabu, 09 Mei 2012 - 11:32 WIB
Korban banjir lahar Gunung Gamalama bertambah
Korban banjir lahar Gunung Gamalama bertambah
A A A
Sindonews.com - Korban banjir lahar dingin Gunung Gamalama bertambah satu orang tewas. Sebelumnya diberitakan sebanyak tiga orang penduduk Kota Maluku Utara, tewas akibat terjangan banjir lahar dingin sisa letusan Gunung Gamalama.

Informasi itu diperoleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dari pendataan yang dilaporkan BPBD Maluku Utara dan BPBD Kota Ternate.

Keempat korban tewas tersebut bernama Raihan Sangaji (9), Mildawany Johar (25), Sarnawia Hamid (52), dan satu orang belum teridentifikasi karena hanya ditemukan bagian tubuh/paha kaki saja. Sementara 10 orang dikabarkan hilang, dan 15 orang menderita luka ringan hingga berat.

"Korban hilang masih dilakukan pencarian," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan elektroniknya kepada Sindonews, Rabu (9/5/2012).

Bencana banjir lahar ini membuat 58 kepala keluarga (KK) atau 284 jiwa mengungsi. Pengungsi tersebar di pos pengungsi yaitu di eks-Kantor Gubernur Maluku Utara 24 KK (113 jiwa) dan aula SMK Negeri 2 Ternate 34 KK(171 jiwa).

Informasi lainnya yang dihimpun BNPB, kerusakan rumah terjadi di 11 kelurahan. Keseluruhan berjumlah 188 unit rumah, dengan perincian 15 rumah rusak total, 70 rumah rusak berat, dan 103 rumah rusak ringan.

Kerusakan infrastruktur meliputi 2 jembatan rusak total, yaitu di Desa Daulasi dan Desa Air Tege-Tege, dan 2 jembatan rusak ringan di jembatan STM Kelurahan Dufa-Dufa dan Akesako Kelurahan Akehuda.

"Data masih dapat berubah karena masih terus dilakukan pendataan di lapangan," tutur Sutopo.

BPBD Provinsi Maluku Utara dan BPBD Kota Ternate bersama TNI, Polri dan instansi terkait melakukan evakuasi masyarakat yang terkena bencana. "Bantuan logistik bagi masyarakat yang terkena bencana sedang disiapkan BPBD bersama instansi lainnya."
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5792 seconds (0.1#10.140)