Pelaku pembakaran kantor KIP serahkan diri

Selasa, 08 Mei 2012 - 19:09 WIB
Pelaku pembakaran kantor KIP serahkan diri
Pelaku pembakaran kantor KIP serahkan diri
A A A
Sindonews.com - Enam warga Kota Blangkejeren, Gayo Lues, yang terlibat dalam aksi massa membakar kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) bulan lalu, menyerahkan diri ke Polda Aceh.

Penyerahan diri enam orang warga tersebut didampingi Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Aceh dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Aceh.

Koordinator KontraS Aceh, Destika Gilang Lestari mengatakan warga yang menyerahkan diri takut ditangkap dengan cara penculikan. Ia menyatakan sebelumnya, polisi menangkap enam warga yang juga diduga terlibat pembakaran dengan menggunakan sebo (alat penutup kepala).

“Menimbulkan keresahan terutama bagi keluarga korban menyangkut keberadaan anggota keluarga mereka yang ditangkap,” kata Destika, Selasa (8/5/2012).

Sebelum mendatangi kantor Polda Aceh, kepada staf KontraS Aceh, enam warga tersebut mengaku takut diculik, mendapat kekerasan, dan tidak diproses hukum dengan baik. Ketakutan lain, beredar pesan pendek bahwa mereka telah ditetapkan sebagai tersangka, namun tidak ada surat penahanan secara resmi.

Menurut Destika, sejauh ini polisi sudah menetapkan 18 tersangka atas pembakaran kantor KIP setempat. Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan massa melakukan protes terhadap hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati yang dinilai penuh kecurangan. Selain pembakaran kantor KIP, sejumlah kantor kecamatan juga dibakar.

Destika meminta polisi tidak menempuh cara represif dalam penanganan kasus. “Polisi bisa bekerja profesional, menunjukkan pada masyarakat sebagai institusi taat hukum,” tegasnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8386 seconds (0.1#10.140)