Belawan diterjang banjir rob

Minggu, 06 Mei 2012 - 00:02 WIB
Belawan diterjang banjir rob
Belawan diterjang banjir rob
A A A
Sindonews.com - Banjir rob atau banjir yang diakibatkan oleh pasang air laut yang meluap ke jalan raya dan permukiman warga di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya Jalan Raya Medan Belawan menuju Pelabuhan Belawan dan sebaliknya macat sepanjang tiga kilometer lebih.

Banjir rob yang terjadi di Kecamatan Medan Belawan ini, meliputi hampir di setiap Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan, di antaranya adalah Kelurahan Belawan Bahari, Kelurahan Sicanang, Kelurahan Belawan Bahagia, dan Kelurahan Belawan I.

Banjir rob yang sudah berlangsung selama lima hari ini mulai masuk kepermukiman warga dan jalan raya pada pukul 11.00 WIB tadi dan terus naik hingga penyebabkan kemacetan di jalan Medan Belawan sepanjang tiga kilometer lebih.

Menurut Hamzah (45) banjir yang rob ini disebabkan karena air laut pasang perdani yang terjadi lima tahun sekali, dalam lima tahun tersebut banjir rob akan terjadi selama sepekan bahkan lebih.

"Ketinggian air diperkirakan mencapai 80 sentimeter hingga satu meter. Banjir juga menggenangi fasilitas umum seperti sekolah SMPN 26, tempat ibadah dan puskesmas," ujar Hamzah menjelaskan, Sabtu (5/5/2012).

Selain itu banjir juga mengakibatkan truk kesulitan, jalan raya ini akses menju Pelabuhan Belawan. Banjir rob akan mulai surut enam hingga tujuh jam kemudian, diperkirakan banjir rob masih akan terus datang dua hari kedepannya mengingat banjir ini memang pasti datang selama lima tahun sekali.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5684 seconds (0.1#10.140)