Bupati Sidoarjo tak izinkan Lapindo ngebor lagi

Kamis, 03 Mei 2012 - 09:00 WIB
Bupati Sidoarjo tak izinkan Lapindo ngebor lagi
Bupati Sidoarjo tak izinkan Lapindo ngebor lagi
A A A
Sindonews.com - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah tidak akan memberikan izin kepada Lapindo Brantas Inc untuk eksplorasi sumur migas di Sidoarjo jika warga menolak rencana tersebut.

"Kalau warga menolak, sebagai bupati tentu saya tidak akan memberi izin Lapindo untuk ngebor lagi di Sidoarjo. Berbeda jika warga mau menerima, tentu akan saya keluarkan izinnya," ujar Saiful Ilah menjelaskan kepada wartawan, Kamis (3/5/2012).

Alasan bupati menunggu restu warga Sidoarjo dalam izin pengeboran Lapindo, karena dia tidak ingin nantinya disalahkan jika ada masalah di kemudian hari. Selain itu, warga Sidoarjo masih trauma atas munculnya semburan lumpur panas di sekitar areal pengeboran milik Lapindo di Sumur Banjar Panji 1, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong.

Untuk ekplorasi migas, harus ada izin dari kepala daerah, seperti izin (Upaya Kelola Lingkungan dan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL-UPL). Jika bupati tidak mengeluarkan izin maka perusahaan migas tidak bisa ekplorasi.

Sedangkan Lapindo Brantas Inc, rencananya akan memperluas ekplorasi sumur migas di kawasan Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin. Lapindo mempunyai dua sumur di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin dan tiga sumur di Desa Kedungbanteng. Rencana perluasan ekplorasi di tiga sumur di Kedungbanteng itulah yang diprotes warga.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8324 seconds (0.1#10.140)