Bea Cukai Sumut tangkap kapal ilegal

Rabu, 02 Mei 2012 - 14:58 WIB
Bea Cukai Sumut tangkap...
Bea Cukai Sumut tangkap kapal ilegal
A A A
Sindonews.com - Kapal patroli Bea Cukai 15031 mengamankan satu unit kapal KM Maju Jaya berbendera Indonesia di kawasan Tanjung Tambu Tulang, Sungai Bilah Perairan Asahan Sumatera Utara (Sumut). Bea Cukai mengamankan ratusan bal pakaian selundupan.

Komandan Patroli (Kopat) Zulfikar mengatakan, kapal tersebut memuat sekira 192 bal pakaian bekas ilegal. Ketika petugas kapal patroli Bea Cukai dari pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan ini akan menangkap kapal tersebut, dua Anak Buah Kapal (ABK) ini sempat melarikan diri dengan cara terjun ke laut.

"Namun petugas kapal patroli Bea Cukai ini, berhasil menangkap dua orang ABK," ujar Zulfikar menjelaskan, Rabu (1/5/2012).

Selain 192 bal pakaian, Bea Cukai juga menangkap lima orang penumpang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) gelap dari Malaysia. Guna pengusutan lebih lanjut, kapal selundupan pakaian bekas ini ditarik ke dermaga Bea dan Cukai, kantor Wilayah Bea dan Cukai Sumatera Utara di Belawan.

"Anak buah kapal dan lima penumpang TKI ilegal sudah diamankan di kantor bea cukai," ujarnya.

Salah seorang ABK KM Maju Jaya, Bakti mengatakan, mereka memuat ratusan bal pakaian bekas tersebut dari pantai di kawasan pelabuhan Port Kelang dan membawa lima orang TKI yang akan pulang ke Medan.

Setiba di dermaga Bea dan Cukai kantor wilayah Sumut, ratusan pakaian bekas selundupan tersebut, dibongkar dari atas kapal, dengan dibantu pengawasan dari petugas Marinir Belawan.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0676 seconds (0.1#10.140)