Buruh sweeping buruh di kawasan industri Mabar

Selasa, 01 Mei 2012 - 13:06 WIB
Buruh sweeping buruh di kawasan industri Mabar
Buruh sweeping buruh di kawasan industri Mabar
A A A
Sindonews.com - Para buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 melakukan sweeping ke kawasan industri Mabar, Kecamatan Medan Deli, Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam aksi sweeping yang dilakukan buruh ke pabrik PT Growth Asia, Selasa (1/5/2012), sempat terjadi kericuhan antara buruh dengan petugas Satpam yang dibantu dari petugas Polres Pelabuhan Belawan. Kericuhan terjadi lantaran petugas keamanan tidak mengizinkan massa untuk masuk ke dalam pabrik.

Sekira setengah jam tak juga diizinkan masuk, akhirnya ratusan buruh berusaha mendobrak gerbang pabrik. Aksi itu membuat petugas keamanan menjadi kewalahan.

Salah seorang koordinator buruh yang berada di atas mobil pikap mengatakan, kedatangan mereka ke pabrik tersebut bukan untuk membuat kerusuhan. Mereka ingin mengajak rekan-rekan mereka yang tergabung dalam SBSI 1992, yang bekerja di pabrik tersebut untuk memperingati hari buruh sedunia.

Setelah dialog antara buruh dengan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Endro Kiswanto, akhirnya pihak pabrik mengizinkan karyawannya keluar pabrik untuk bergabung dengan rekan-rekan mereka, yang sudah menunggu di luar pabrik.

Setelah dari PT Growth Asia, ribuan buruh itu turun ke jalan dari Kawasan Industri Mabar. mereka bergerak menuju ke Lapangan Merdeka Medan melalui Jalan Komodor Laut Yos Sudarso dengan dikawal oleh petugas keamanan dari Polres Pelabuhan Belawan.

Sebelumnya para buruh ini juga melakukan sweeping terhadap pabrik-pabrik, yang berada di Jalan Komodor Laut Yos Sudarso, guna mengajak rekan-rekan mereka bergabung turun ke jalan untuk memperingati hari buruh sedunia.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)