Iklan Ilham-Aziz Rp27 miliar per bulan

Senin, 30 April 2012 - 09:40 WIB
Iklan Ilham-Aziz Rp27 miliar per bulan
Iklan Ilham-Aziz Rp27 miliar per bulan
A A A
Sindonews.com - Iklan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin- Aziz Qahhar Mudzakkar di enam stasiun televisi swasta nasional menghabiskan sekitar Rp27 miliar setiap bulannya.

Keenam televisi tersebut yakni RCTI, MNC TV, Global TV, Trans TV, Trans7, dan Indosiar. Berdasarkan tarif normal iklan spot di RCTI, setiap durasi 15 detik berkisar Rp12 juta. Sementara tarif normal iklan filler atau TVC berkisar Rp15 juta per 15 detik.

Durasi iklan Ilham-Aziz di enam stasiun televisi tersebut bervariasi,mulai 15 detik hingga 18 detik. Jika dirata-ratakan setiap iklan berdurasi 15 detik dengan tayang 10 kali tiap hari, maka dana yang dihabiskan mencapai Rp150 juta atau Rp900 juta untuk enam stasiun televisi itu. Jadi, setiap bulannya dibutuhkan dana Rp27 miliar.

Namun, jumlah tersebut masih memungkinkan turun. Sebab, belum terhitung tarif diskon atau barter dari perusahaan televisi. Pembuatan iklan Ilham- Aziz ini ditangani Fox Indonesia yang digawangi Choel Mallarangeng, adik kandung Menegpora Andi Alifian Mallarangeng. Kabarnya, biaya iklan pasangan dengan tagline Semangat Baru ini bersumber dari sejumlah tokoh berpengaruh di Indonesia, di antaranya pengusaha ternama Chairul Tanjung, Surya Paloh, Jefrie Geovani, Raja Sapta Oktohari, serta beberapa tokoh lainnya.

Saat dikonfirmasi, Ilham tidak menampik adanya bantuan tokoh nasional. Hanya saja, Wali kota Makassar dua periode tersebut tidak bersedia menyebut secara rinci nilai bantuan dana yang disumbangkan.

“Biaya iklan itu memang bantuan dari teman- teman.Tapi saya tidak bisa sampaikan jumlah dan nama orang-orangnya,” ungkap Ilham saat ditemui di rumah jabatan wali kota Makassar, Minggu 29 April 2012.

Meski terbilang tinggi, namun Ilham menganggap bahwa iklan di televisi nasional sangat efektif untuk melakukan sosialisasi dan menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Alasannya, dari sekitar tujuh juta pemilih di Sulsel, dipastikan tidak bisa tersentuh semuanya jika hanya melalui pertemuan saja.

“Kami harap pesan yang muncul di media itu, bisa sampai ke masyarakat. Apalagi format iklannya itu bertahap temanya. Kami inginkan dulu,bagaimana dikenal masyarakat,” papar Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel tersebut.

Selain biaya iklan, beberapa tokoh nasional juga dikabarkan membantu pasangan yang mengklaim dirinya sebagai pasangan nasionalis-relegius itu untuk melobi petinggi partai politik.

Bahkan, sebagian partai nonparlemen yang sudah memberikan dukungan resmi ke Ilham-Aziz, tidak lepas dari andil Chairul Tanjung. Ketua Divisi Publikasi dan Informasi DPD Partai Demokrat Sulsel Syamsu Rizal menambahkan, bantuan tokoh tersebut sama sekali atas pertimbangan kedekatan dengan Ilham, tanpa ada kompensasi atau pembicaraan khusus untuk menangani proyek bila terpilih nantinya.

“Semua dilandasi atas kedekatan Pak Ilham selama ini dengan para tokoh itu. Ini bukan hanya menjelang pilgub saja, tetapi hubungan itu sudah terbangun sejak lama. Mungkin memberikanapresiasidansepakat dengan visi-misi yang ditawarkan Ilham-Aziz dalam membangun Sulsel ke depan,” papar Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal.

Mengenai biaya iklan, Ical mengaku bahwa Ilham-Aziz sama sekali tidak mengeluarkan dana, termasuk biaya produksinya. Sebab, semuanya bersumber dari bantuan sukarelawan yang tak lain kerabat dekat Ilham dan Aziz. Sementara lobi ke stasiun televisi,ditangani oleh Choel Mallarangeng.

“Setahu saya, itu kebanyakan barter atau bukan dalam bentuk uang.Tapi caranya saya tidak tahu, karena itu pembicaraan yang membantu dengan pengelolatelevisi. Saya dengarjugadapat diskon habis,”ungkapnya.

Selama dua pekan terakhir, iklan sosialisasi Ilham-Aziz sudah ditayangkan di enam stasiun televisi dengan memuat empat versi yang berbeda-beda. Rencananya, Fox Indonesia akan kembali memproduksi iklan versi terbaru dengan menonjolkan gagasan program yang akan dijalankan Ilham-Aziz jika terpilih di Pilgub Sulsel.

“Kami telah siapkan iklan baru di televisi dengan model lain, sehingga lebih variatif. Iklan ini akan menyentuh segi ekonomi dan pembangunan.Dalam waktu dekat akan kami luncurkan,” tambah Wakil Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4148 seconds (0.1#10.140)