Pilkada Tasikmalaya, KPU pastikan 3 pasang calon

Senin, 30 April 2012 - 07:56 WIB
Pilkada Tasikmalaya, KPU pastikan 3 pasang calon
Pilkada Tasikmalaya, KPU pastikan 3 pasang calon
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya memastikan tiga pasangan calon akan berlaga pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tasikmalaya pada 9 Juli 2012 mendatang.

Kepastian itu setelah ketiganya dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan dukungan partai politik. Rencananya, penetapan calon akan dilaksanakan 4 Mei. Selanjutnya pengundian nomor urut pasangan pada 7 Mei 2012 di Gedung DPRD Jalan Martadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar).

Ketiga pasangan calon itu yakni Syarif Hidayat-Cecep Bagja Gunawan yang diusung PAN, Golkar, Gerindra, dan PDIP, kemudian pasangan calon Budi Budiman-Dede Sudrajat yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat, serta pasangan calon dari jalur perseorangan yakni Mumung Marthasasmita-Taufik Faturohman yang telah memenuhi bukti dukungan dan telah selesai dilakukan verifikasi faktual oleh KPUD.

“Dari hasil verifikasi faktual telah memenuhi dukungan dari yang dibutuhkan sebanyak 24.311 dukungan saat ini terdapat 25.000 lebih dukungan,” kata Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPUD Kota Tasikmalaya Yusuf Abdulah menjelaskan, Minggu 29 April 2012.

Dia menjelaskan, persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh pasangan calon sebanyak 31 persyaratan di antaranya kartu tanda penduduk (KTP), pernyataan tidak memiliki utang, tidak pailit, yang ditandatangani pengadilan niaga, hingga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan sebagainya.

“Hasilnya semua pasangan calon telah melengkapinya, nanti pada pleno pengundian nomor urut seluruh pasangan diminta hadir tidak diwakilkan termasuk para pendukungnya di Gedung DPRD,”katanya. Ketua Tim Sukses Pasangan Mumung-Taufik,Yoyo S Boyo mengaku, sejak awal yakin pasangan yang diusungnya mampu lolos tahapan verifikasi tersebut karena seluruh tim telah bekerja maksimal.

“Setelah penetapan dan pengundian nomor urut, kami akan lebih gencar melakukan sosialisasi dan pengenalan diri kepada masyarakat sehingga calon yang kami usung benarbenar menjadi pilihannya,” ujar Yoyo.

Calon Wali Kota Tasikmalaya Mumung Marthasasmita yang berlatar belakang akademisi, begitu pun dengan calon Wakilnya Taufik Faturohman yang juga mantan pengurus Persib Bandung.

Keduanya digadang-gadang akan menjadi kuda hitam pada kancah Pemilukada 9 Juli 2012 mendatang, sebagai pilihan alternatif masyarakat yang sudah jenuh dengan partai politik.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4200 seconds (0.1#10.140)