Aparat bekingi truk masuk kota

Kamis, 26 April 2012 - 08:30 WIB
Aparat bekingi truk masuk kota
Aparat bekingi truk masuk kota
A A A
Sindonews.com – Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) seakan tak berdaya menindak truk masuk dalam kota. Karena, saat petugas Dishub berusaha menindak, sering kali dihalang-halangi oleh oknum aparat.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Medan Toga Aruan mengakui adanya upaya menghalang-halangi anak buahnya menindak truk masuk kota yang dilakukan oleh oknum aparat. Memang seperti itulah.Itu sudah hal yang biasa.Kalau ada truk atau angkutan besar berani dan bebas masuk ke inti Kota Medan sudah pasti dibekingi petugas,” kata Toga Aruan kamarin. Menurut Toga, oknum aparat pembeking truk itu ikut bersama sopir di dalam,atau membuntuti dari belakang dengan mengendarai sepeda motor.

”Makanya itu jadi dilema buat petugas kami di lapangan. Kami tidak bisa apa-apa. Tapi, biasanya petugas kami di lapangan tetap memaksa untuk menilang truk itu,”ujarnya. Pada Selasa (24/4) lalu,truk dengan nomor polisi BK 9337 EA ditindak tepat di depan kantor Pemko Medan oleh petugas Dishub. Sopir yang bernama Abdul Azis Simanjuntak mengaku sudah tahu ada larangan truk masuk kota, tapi karena selama ini dibekingi oknum polisi dia pun tak takut.

Karena petugas Dishub tetap melakukan penindakan, akhirnya Abdul yang mengaku membawa barang PT Unilever ke Plaza Paladium pasrah.“Kalau memang mau ditilang, tilanglah,” katanya. Setelah petugas Dishub melakukan tilang,tak lama kemudian datang seorang pria menggunakan sepeda motor i dengan nomor polisi BK 25254. Tapi pria itu tak terlihat melakukan perlawanan apapun kepada petugas Dishub.

Tapi ketika diminta komentarnya, dengan gamblang pria tadi menuding petugas Dishub asal bertindak. “Inikan sudah ada dispensasinya. Karena tidak kami kawalnya ini pulangnya makanya ditilang Dishub. Perginya kami kawal tidak ada masalah apapun,” katanya sembari menghidupkan mesin sepeda motornya. Sehari sebelumnya (23/4),di lokasi yang sama petugas Dishub juga menangkap dua truk yang masuk ke Jalan Kapten Maulana Lubis.Kedua truk tersebut bernomor polisi B 9710 NC dan B 9742 OP.

Kedua truk ini sudah dikejar petugas Dishub mulai dari Jalan S Parman Medan. Barulah,di depan Plaza Paladium, Jalan Kapten Maulana Lubis,kedua truk tersebut berhenti setelah ditindak langsung oleh aparat dari Poldasu. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8584 seconds (0.1#10.140)