Pemkot Bandung: SMAK Dago tetap fungsinya pendidikan

Rabu, 18 April 2012 - 07:48 WIB
Pemkot Bandung: SMAK Dago tetap fungsinya pendidikan
Pemkot Bandung: SMAK Dago tetap fungsinya pendidikan
A A A
Sindonews.com - Meski SMAK Dago tengah dibongkar, Pemerintah Kota Bandung menginginkan sekolah peninggalan Belanda itu tetap berfungsi sebagai sarana pendidikan.

Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda mengatakan, SMAK Dago merupakan gedung cagar budaya yang seharusnya berfungsi sebagai pusat kegiatan pendidikan.

"Saya ingin SMAK Dago tetap sebagai sarana pendidikan, tidak berubah fungsi," tegas Ayi, di Bandung, Selasa (17/4/2012).

Ayi juga menegaskan, dirisnya menolak jika SMAK Dago dijadikan hotel atau mall. Terlebih kawasan Dago udah padat oleh sarana komersial. Dia mengakui, ada pihak yang minta izin mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Dago. "Permohonan itu kami tolak karena kawasan ini tidak akan mengalami banyak perubahan," tuturnya.

Mengenai pembongkaran SMAK Dago, Ayi mengaku, pihaknya sama sekali belum menerima laporan pembongkaran. Pemkot juga tidak tahu apakah SMAK Dago akan beralih fungsi atau tidak. Untuk itu, pihaknya akan memanggil pihak yayasan yang mengelola SMAK Dago. Tujuannya, untuk menanyakan maksud pembongkaran.

"Mungkin kita akan panggil yayasan untuk minta menjelaskan. Tapi sejauh ini kami belum mendapatkan laporan mengenai pembongkaran SMAK Dago," ungkap Ayi.

Pantauan okezone, saat ini SMAK Dago tengah proses pembongkaran. Belasan penjaga tampak berjaga di gerbang utama sekolah.

Bagian aula sudah dirubuhkan. Di sekeliling aula terdapat esteger dan kelambu warna biru, tanda bahwa aula tersebut tengah dibangun. Di bagian luar, SMAK Dago ditutupi pagar terbuat dari seng. Sementara di sayap selatan, masih terdapat bangunan kelas yang tampak kumuh.

Data okezone, bentrok dua kelompok yang memperebutkan lahan sekolah swasta ini pernah terjadi 18 Juli 2011. Waktu itu, tercatat satu unit mobil dibakar dan dua orang menjadi korban bacok.

Lahan tersebut sengketa antara Perkumpulan Lyceum Kristen (PLK) dari Jakarta Yayasan Badan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5784 seconds (0.1#10.140)
pixels