Ulama Pasuruan yakin Nahdliyin menang pilbup

Senin, 16 April 2012 - 05:31 WIB
Ulama Pasuruan yakin Nahdliyin menang pilbup
Ulama Pasuruan yakin Nahdliyin menang pilbup
A A A
Sindonews.com - Kalangan ulama optimis kader Nahdliyin bakal memenangi pemilihan Bupati Pasuruan 2013 mendatang. Para ulama ini juga yakin bahwa kader Nahdliyin ini akan satu suara dalam menentukan calon pemimpin Kabupaten Pasuruan periode lima tahun kedepan.

Saat ini ada tiga kader Nahdliyin yang mulai getol berkampanye dan menyosialisasikan pencalonannya. Mereka adalah Irsyad Yusuf (ketua DPRD), KH Mudjib Imron (mantan Anggota DPD RI), Muzammil Syafi'i (mantan Wakil Bupati Pasuruan).

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Nawai Abdul Djalil, mengungkapkan, munculnya tiga nama itu tidak akan berpengaruh hingga pada tahap pencalonan bupati di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena pada saatnya nanti, kalangan ulama hanya akan merekomendasi satu nama yang akan mewakili umat Nahdliyin.

"Gus Mudjib sudah diminta untuk mundur dari calon bupati. Gus Mudjib itu punya pondok, yang masih harus diurus lagi," kata Nawawi Abdul Djalil, salah seorang kiai khos Pasuruan usai mengikuti Harlah Fatayat NU di Alun-alun Bangil, Minggu (15/4/2012).

Menurutnya, masyarakat Pasuruan yang berbasis Nahdliyin ini diyakini akan tunduk pada tausyiah para ulamanya. Sehingga calon yang diusung bisa mewakili kepentingan Nahdliyin.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menyatakan, saat ini partainya sudah bulat untuk mengusung Irsyad Yusuf sebagai calon bupati Pasuruan. Pihaknya mengaku banyak menerima masukan dari berbagai pihak atas nama-nama yang akan disandingkan sebagai calon wakil bupati.

"Ada delapan nama yang diusulkan untung mendampingi Gus Irsyad. Tapi kami punya prioritas tiga nama yang cukup layak untuk dipertimbangkan menjadi calon pendamping," kata Sudiono.

Menurutnya, ketiga nama yang masih dirahasiakan ini berasal dari unsur partai politik, pengusaha dan birokrat. Para calon pendamping ini akan di survei pada untuk melihat tingkat elektabilitasnya di masyarakat.

"Kami juga akan menjalin koalisi dengan parpol lain. Beberapa parpol sudah kami lakukan pendekatan. Sehingga pada saatnya nanti, kekuatan PKB akan bertambah besar," papar Sudiono.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9204 seconds (0.1#10.140)