Banjir bandang, ratusan rumah di Aceh hancur

Minggu, 15 April 2012 - 19:23 WIB
Banjir bandang, ratusan rumah di Aceh hancur
Banjir bandang, ratusan rumah di Aceh hancur
A A A
Sindonews.com - Banjir bandang yang menghantam Kabupaten Aceh Tenggara menimbulkan kerusakan fisik yang cukup besar. Ratusan rumah dan ratusan lahan pertanian hancur disapu banjir bandang.

Seperti diiiformaskan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Sindonews, Minggu (15/4/2012).

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara telah melakukan penyisiran di lokasi dan assessment.

Hasilnya, tercatat lima orang luka ringan. Pengungsi 132 Kepala Keluarga (KK) atau sekira 460 jiwa. Kerugian materiil yang diderita yakni 52 unit rumah rusak berat, 96 unit rumah rusak ringan, dan 14 unit rumah hanyut.

Kerugian lainnya yakni, kerusakan lahan pertanian. BPBA mencatat, 74 hektare lahan coklat tersapu banjir. 30 lahan jagung juga rusak terkena banjir. Sedangkan 86 sawah terendam banjir. Selain itu, sembilan hektare kolam ikan dan 520 ekor unggas bebek juga ikut terhempas banjir bandang.

Saat ini, BPBD Aceh Tenggara telah nenurunkan alat berat untuk membuka jalan yang tertutup lumpur banjir. Bantuan berupa sandang dan pangan juga diberikan kepada para pengungsi.

BPBA dan BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah melakukan rapat koordinasi dengan SKPD setempat untuk mengambil langkah-langkah upaya penanganan darurat secara cepat, tepat dan terpadu.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6032 seconds (0.1#10.140)