PMI siaga antisipasi korban gempa Sumatera

Rabu, 11 April 2012 - 18:37 WIB
PMI siaga antisipasi korban gempa Sumatera
PMI siaga antisipasi korban gempa Sumatera
A A A
Sindonews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini telah menyiapkan relawan untuk dikerahkan ke daerah terkena guncangan gempa di wilayah Sumatera.

Rencananya, seluruh relawan itu akan diturunkan ke lima daerah, antara lain Sumatera Barat (Sumbar), Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Bengkulu, dan Lampung.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Arifin Muhammad Hadi mengatakan, para relawan sekarang sudah mulai melakukan pendataan (asesmen) mengenai kerusakan bangunan dan kemungkinan adanya korban jiwa.

"Kami kerahkan relawan untuk mengantisipasi adanya dampak dari gempa ini. Para relawa siap membantu warga. Selain itu PMI sedang menyiapkan barang-barang bantuan yang siap didistribusikan dari Gudang Regional PMI di Sumatera Barat jika sewaktu-waktu dibutuhkan," jelas Arifin melalui rilis kepada wartawan Rabu (11/4/2012).

Menurut Arifin, para relawan PMI di Banda Aceh saat ini sudah turun ke jalan untuk menenangkan warga yang masih panik. Sebagian relawan lainnya, terus memantau ketinggian air di daerah pesisir di Banda Aceh.

Sedangkan di Kota Padang, Markas PMI Sumatera Barat sudah menyiagakan 5 unit ambulans dan tim pertolongan pertama untuk membantu warga yang membutuhkan.

"Yang pasti, saat ini PMI masih terus memantau sejumlah daerah pesisir di 5 provinsi tersebut, yaitu Pesisir Selatan dan Mentawai (Sumatera Barat), Simeulue, Banda Aceh, Aceh Besar, Calang, Tenom, dan Lamno (Aceh), Nias dan Sibolga (Sumatera Utara), Lampung Barat (Lampung), Kabupaten Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, dan Bengkulu Selatan (Bengkulu)," jelasnya lagi.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7079 seconds (0.1#10.140)