Alarm tsunami di Sinabang berbunyi

Rabu, 11 April 2012 - 16:33 WIB
Alarm tsunami di Sinabang berbunyi
Alarm tsunami di Sinabang berbunyi
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara, pusat gempa Medan terletak di Sinabang, Medan, berpotensi tsunami.

Getaran gempa yang dirasakan di Kota Medan, Sumatera Utara, berpusat di Samudera Hindia 432 km barat Sinabang dan 527 km barat daya Banda Aceh. Kedalaman pusat gempa 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Gempa besar berkekuatan 8,5 SR dirasakan di wilayah utara Sumatera. Informasi dari BMKG, Rabu (11/4/2012), gempa ini telah memicu alarm tsunami.

Belum ada laporan selanjutnya tentang adanya korban jiwa atau material akibat gempa ini. Gempa dahsyat itu terasa di Medan dan Aceh. Gempa itu langsung dirasakan oleh Admin Blog PIB, saat sedang berada di lantai 2, dan ruangan terasa bergoyang. Penghuni gedung langsung turun ke bawah dan keluar dari rumah. Sampai di luar, beberapa tetangga juga keluar dari rumah dan merasakan juga gempa tersebut.

Demikianlah Informasi tentang Pusat Gempa medan 11 April 2012, Semoga gempa ini tidak memakan korban jiwa dan merugikan masyarakat apalagi sampai terjadinya Tsunami.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa di Aceh tersebut terjadi di bagian lempeng samudra, sehingga bisa menimbulkan tsunami.

Dengan peringatan tsunami, BMKG juga meminta warga yang berada di daerah gempa untuk waspada. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai adanya korban dan kerusakan bangunan.

"Gempa di Sumatera bisa menimbulkan tsunami karena pada lempeng Australia, sebelum lempeng tersebut menghujam lempeng Benua Eurasia (Sumatra) dekat dengan outer-rise," katanya seperti yang dikutip dalam situs BNPB.(wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7417 seconds (0.1#10.140)